Sukses

Jokowi Kirim 5.000 Ton Beras Bantuan untuk Sri Lanka

Sebelum melepas, Jokowi sempat naik ke kontainer untuk melihat langsung beras yang akan dikirim ke Sri Lanka.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengirim Bantuan kemanusiaan kepada Sri Lanka. Bantuan yang diberikan berupa beras 5.000 matrik ton.

Bantuan ini dilepas langsung oleh Jokowi di Kawasan pergudangan Bulog Division Regional DKI Jakarta. Sebelum melepas, Jokowi sempat naik ke kontainer untuk melihat langsung beras yang akan dikirim ke Sri Lanka.

"Hari ini Selasa 14 Februari 2017 segera akan kita berangkatkan bantuan berupa beras sejumlah 5.000 matrik ton untuk saudara-saudara kita di Sri Lanka yang sekaraang ini menghadapi situasi kerawanan pangan karena kekeringan yang berkelanjutan di Sri Lanka," kata Jokowi di lokasi, Selasa (14/2/2017).

Bantuan ini merupakan permintaan langsung dari Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena. Permintaan disampaikan langsung oleh Duta Besar Sri Lanka untuk Indonesia kepada Jokowi.

"Dan permintaan tersebut secara cepat saya respons karena memang kondisinya sangat memerlukan sekali. Dan saya minta menteri terkait untuk menyiapkan hal ini dan Alhamdulilkah kita bisa mengirimkan bantuan tersebut," imbuh Jokowi.

Jokowi menilai, bantuan ini sudah sepantasnya diberikan oleh Indonesia. Sebagai negara besar di Asia, sudah sepantasnya berperan pada situasi sulit seperti sekarang ini.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirohim bantuan pangan sebagai tanda persahabatan Indonesia Sri Lanka secara resmi saya berangkatkan," ujar Jokowi.

Sebagai tanda pelepasan, Jokowi memecahkan kendi di depan kontainer yang memberangkatkan Bantuan beras ini. Setelah itu, kontainer berangkat mengirim Bantuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini