Sukses

Gempa 5,2 SR Goyang Deli Serdang Sumut

Gempa terletak di 23 Kilometer Barat Daya Kabupaten Deli Serdang, Sumut dengan kedalaman 10 kilometer.

Liputan6.com, Jakarta Gempa bumi berkekuatan 5,2 SR menggoyang Deli Serdang Sumatera Utara. Kejadian tersebut berlangsung pada pukul 03.35 WIB.

"Lokasi gempa bumi berada di 3.35 Lintang Utara dan 98.50 Bujur Timur," tulis BMKG, Jakarta, Selasa (14/2/2017).

BMKG menambahkan, lindu tersebut terletak di 23 Kilometer Barat Daya Kabupaten Deliserdang, Sumut dengan kedalaman 10 kilometer.

Sebelumnya wilayah ini juga diguncang gempa berkekuatan 4,7 SR pada pukul 00.11 WIB. Gempa dirasakan di Berastagi, Sibolangit, Tuntungan dan Medan, Binjai.

"Namun sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari lapangan. Pada skala III-IV MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah oleh masyarakat, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Gempa dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar rumah oleh beberapa orang, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi," ujar Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan Edison Kurniawan dalam keterangan tertulis, Jakarta.

Dia mengimbau masyarakat di daerah pesisir pantai barat Sumatera Utara dan sekitarnya agar tidak terpancing isu mengingat gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini