Sukses

BAP Diduga Identik Ahli Lain, Pengacara Ahok Cecar Ahli Bahasa

Salah satu pengacara Ahok mempertanyakan isi BAP Mahyuni yang diduga mirip dengan BAP ahli bahasa lain, Husni Muadz, yang belum diperiksa.

Liputan6.com, Jakarta - Kuasa hukum terdakwa kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mempertanyakan isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) saksi ahli bahasa yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Mahyuni.

Salah satu pengacara Ahok mempertanyakan isi BAP Mahyuni yang diduga mirip dengan BAP ahli bahasa lain, Husni Muadz, yang belum diperiksa di pengadilan. Pengacara pun menanyakam hubungan antara Mahyuni dengan Husni.

"Dia sebagai senior, kolega ya," ujar Mahyuni di auditorium Kementan, Jakarta Selatan, Senin (13/2/2017).

Mahyuni mengakui sempat berkomunikasi dengan Husni sebelum diperiksa di Bareskrim. Namun, komunikasi itu hanya sebatas pemberitahuan, dia membantah telah menyamakan jawaban BAP dengan Husni.

Pengacara Ahok mengaku menemukan kemiripan BAP antara Mahyuni dan Husni.

"Di butir 17, BAP ahli ini pertanyaannya sama jawabannya sama dengan apa yang dijawab oleh ahli lain. Bahkan kesalahan menulis kata pun sama, misal kata tidak ditulis tidak, itu sama," ujar pengacara Ahok.

Pengacara Ahok mengatakan ada delapan poin dalam dua BAP yang identik. "Apakah ahli copas jawaban dari ahli bahasa lain?" tanya pengacara.

"Saya tidak lakukan itu. Tapi kalau menyangkut referensi itu bisa saja sama, seperti kalau bicarakan definisi, kamus kan pasti sama," kata Mahyuni menjawab pertanyaan pengacara Ahok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini