Sukses

Polisi Gerebek Pabrik Tabung Gas Palsu

Sebuah pabrik tabung gas atau elpiji palsu di kawasan Kosambi, Tangerang, Banten, digerebek jajaran Polda Metro Jaya. Ribuan tabung gas ukuran tiga kilogram dan mesim pembuat ditemukan di pabrik ini.

Liputan6.com, Tangerang: Sebuah pabrik tabung gas atau elpiji palsu di kawasan Kosambi, Tangerang, Banten, digerebek jajaran Kepolisian Daerah Metro Jaya, Kamis (8/7). Di pabrik ini polisi menemukan 8.700 tabung gas siap edar, delapan mesin pencetak tabung, 10 unit mesin pemotong, serta tiga unit mesin pembuat lobang tabung.

Tabung-tabung itu dibuat PT Jaya Niaga Multi Converindo yang ternyata tak mempunyai izin resmi dari pemerintah. Menurut Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Boy Rafly Amar, pabrik ini sudah beroperasi selama hampir satu tahun dengan kapasitas produksi 1.000 tabung perbulan. Diperkirakan, sudah puluhan ribu tabung gas produksi pabrik ini yang beredar di masyarakat.

Sepintas, tabung-tabung gas berukuran tiga kilogram pabrik ini tidak ada yang anah. Bentuk, warga, bahkan tabung ini memiliki logo Standar Nasional Indonesia (SNI) persis seperti tabung resmi yang dikeluarkan Pertamina. Namun, tabung gas ini mempunyai ukuran ketebalan logam yang tidak sesuai dengan standar yang ditentukan.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini