Sukses

Warga Papua Tuntut Referendum

Sejumlah warga Papua yang berunjuk rasa di Jayapura dan Manado, Sulut menilai otonomi khusus yang diberikan telah gagal menyejahterakan warga.

Liputan6.com, Jayapura: Sejumlah warga Papua di Jayapura, Kamis (8/7), berunjuk rasa depan Kantor DPR Papua menuntut digelarnya referendum mengenai kemerdekaan. Mereka menilai otonomi khusus yang diberikan telah gagal menyejahterakan warga.

Akibat aksi ini, akses jalan menuju Bandar Udara Sentani, Jayapura terganggu. Selain itu sebagian besar pertokoan di Jayapura tutup saat pengunjuk rasa melintas. Tak lama berselang, setelah diterima anggota Dewan massa membubarkan diri dengan tertib.

Unjuk rasa serupa digelar sejumlah mahasiswa asal Papua di Manado, Sulawesi Utara. Mereka menilai otonomi khusus bagi Papua sudah gagal dan hanya menguntungkan segelintir elit pemerintahan.

Serangkaian demonstrasi ini digelar bersamaan dengan tenggat waktu yang diberikan Majelis Rakyat Papua. Dalam musyawarah besar, 16 Juni silam, mereka mengeluarkan rekomendasi yang diserahkan kepada pejabat DPRD setempat. Saat itu DPRD berjanji memberikan sikap atas rekomendasi itu, tiga pekan kemudian, bertepatan dengan Kamis ini.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.