Sukses

Warga Papua Tuntut Referendum

Liputan6.com, Jayapura: Sejumlah warga Papua di Jayapura, Kamis (8/7), berunjuk rasa depan Kantor DPR Papua menuntut digelarnya referendum mengenai kemerdekaan. Mereka menilai otonomi khusus yang diberikan telah gagal menyejahterakan warga.

Akibat aksi ini, akses jalan menuju Bandar Udara Sentani, Jayapura terganggu. Selain itu sebagian besar pertokoan di Jayapura tutup saat pengunjuk rasa melintas. Tak lama berselang, setelah diterima anggota Dewan massa membubarkan diri dengan tertib.

Unjuk rasa serupa digelar sejumlah mahasiswa asal Papua di Manado, Sulawesi Utara. Mereka menilai otonomi khusus bagi Papua sudah gagal dan hanya menguntungkan segelintir elit pemerintahan.

Serangkaian demonstrasi ini digelar bersamaan dengan tenggat waktu yang diberikan Majelis Rakyat Papua. Dalam musyawarah besar, 16 Juni silam, mereka mengeluarkan rekomendasi yang diserahkan kepada pejabat DPRD setempat. Saat itu DPRD berjanji memberikan sikap atas rekomendasi itu, tiga pekan kemudian, bertepatan dengan Kamis ini.(AIS)
    Artikel Selanjutnya
    Filipina Kerahkan Kekuatan Militer Penuh Gempur ISIS di Marawi
    Artikel Selanjutnya
    Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan Idul Fitri Sore Ini