Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Janji Rizieq Shihab ke Wiranto di Aksi 112

Dalam Top 3 Berita Hari Ini, Menkopolhukam Wiranto menggelar pertemuan dengan Rizieq Shihab dan Bachtiar Nasir terkait aksi 112 di Istiqlal.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini teratas di kanal News ditempati berita pertemuan dua kawan lama yang sebelumnya telah berjuang bersama sebelum bergulirnya reformasi di Indonesia. Mereka adalah Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkpolhukam) Wiranto dengan Rizieq Shihab dan Ketua GNPF MUI.

Kedatangan keduanya di rumah dinas Wiranto saat itu untuk untuk membicarakan rencana aksi 112 yang tadi telah digelar dan hasilnya berjalan dengan damai.

Pertemuan ketiganya disyukuri oleh mantan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) lewat kicauannya di Twitter. SBY mengatakan, pertemuan tersebut merupakan pertemuan sejuk antara pemerintah dan para pemimpin aksi damai 112.

SBY juga berpesan agar para pemimpin aksi 112 menghormati keinginan pemerintah untuk menjaga kerukunan, stabilitas sosial, dan keamanan Jakarta. Dan itu telah dibuktikan oleh Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dan massanya.

Aksi damai 112 yang ditunjukkan oleh massa FPI juga sempat diwarnai kejadian menarik. Sebuah mobil pengantin terjebak di tengah-tengah ribuan massa. Mereka adalah sepasang calon pengantin yang hendak menuju ke Gereja Katedral untuk melakukan pemberkatan.

Karena mobil tidak bisa menembus kerumunan massa aksi 112, keduanya memutuskan keluar mobil dan berjalan kaki menuju gereja.

Saat melihat pasangan pengantin ini berjalan, tanpa ada komando dari siapapun, massa FPI langsung membuka jalan. Mereka bahkan mengawal sang pengantin menembus ribuan massa aksi 112.

Beberapa pemuda dari Front Pembela Islam (FPI) juga memayungkan pengantin dan rombongannya hingga ke depan pintu Gereja Katedral.

Hingga malam ini berita tersebut paling banyak menyita perhatian pembaca Liputan6.com, terutama di kanal News, Sabtu (11/2/2017). 

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini: 

1. Antara Wiranto, Rizieq Shihab, dan SBY

Wiranto, Rizieq Shihab, SBY. (Liputan6.com)

Rumah dinas Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkpolhukam) Wiranto kedatangan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI Bachtiar Nasir, pada Kamis sore, 9 Februari 2017.

Pertemuan mereka berlangsung tertutup. Usai pertemuan, Wiranto menggelar konferensi pers bersama Rizieq dan Bachtiar.

Dalam keterangannya, Wiranto mempersilakan massa GNPF MUI menggelar aksi 112. "Silakan saja kalau ada aktivitas di tanggal 11 Februari, tapi jangan sampai ada pelanggaran hukum," ujar Wiranto.

"Tentunya di sana-sini banyak yang memberikan satu pemahaman yang salah, sehingga ada miskomunikasi. Tapi sore hari ini (Kamis), komunikasi kita rajut kembali," ujar Wiranto.

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersyukur akhirnya pemerintah bertemu dengan pemimpin aksi 112. SBY juga berterima kasih kepada Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto dan Pimpinan FPI Rizieq Shihab.

Selengkapnya...

2. Menikah di Katedral Saat Aksi 112, Pengantin Ini Dipayungi FPI

Pasangan pengantin menikah di Katedral saat aksi 112 (Liputan6.com/Herman Zakaria)

Aksi 112 yang dipusatkan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat membuat suasana jalan di sekitar Lapangan Banteng yang mengarah ke Pasar Baru dipadati oleh massa.

Di tengah padatnya kerumunan massa, dari arah Lapangan Banteng, sepasang pengantin beserta rombongannya terlihat berjalan menuju ke Gereja Katedral.

Melihat pasangan pengantin dan rombongannya, sebagian massa aksi 112 berinisiatif memberi jalan dan mengawal rombongan pengantin menembus kerumanan massa.

"Ayo Pak, tenang kami akan kawal sampai ke depan gereja. Ayo, minggir dulu, kita beri jalan untuk saudara kita umat Nasrani yang akan melangsungkan pernikahan," ucap salah seorang massa aksi 112.

Selengkapnya...

3. Ikut Aksi 112, Rizieq Shihab Dikawal Ketat Orang Berpakaian Putih

Pimpinan FPI, Muhammad Rizieq Shihab memberi keterangan usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim, Jakarta, Rabu (23/11). Pemeriksaan beragendakan melengkapi berkas sebelumnya di tingkat penyelidikan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab baru saja datang dalam aksi 112 di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Rizieq tiba di lokasi sekitar pukul 08.40 WIB dengan pengawalan ketat dari para laskar yang berpakaian serba putih.

Tak ada kata apa pun yang keluar dari mulut Rizieq. Dia yang datang dengan dipayungi santrinya langsung masuk ke dalam masjid untuk ikut aksi 112.

"Ada hal penting yang ingin saya sampaikan. Kalau Aksi Bela Islam dari 411, Aksi Bela Islam 212, termasuk aksi kita hari ini 11 Februari yang bisa kita sebut aksi 112, tidak lain tidak bukan kita gelar hanya untuk mencari ridho Allah. Apapun resiko akan kita hadapi, semoga Allah meridhoi kita," ucap Rizieq memulai sambutannya.

Dia menegaskan, aksi 112 ini bukanlah merupakan upaya makar ataupun anti-Pancasila.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini