Sukses

Disaksikan Jokowi, Puan Maharani Bagikan Bantuan Sosial di Ambon

Puan membagikan bantuan KIS, PKH, dan PMT untuk masyarakat Ambon.

Liputan6.com, Jakarta Pada hari pertama kunjungan kerja di Ambon, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengawali kegiatannya dengan mendampingi Presiden Joko Widodo membagikan sejumlah bantuan sosial di dua lokasi berbeda.

Pertama di Desa Rumah Tiga, Pantai Wailela. Di sini, Menko Puan didampingi Menkes dan Mensos memberikan sejumlah bantuan berupa Kartu Indonesia Sehat (KIS), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi balita dan ibu hamil. Sejumlah bantuan itu diberikan Menko PMK dengan disaksikan langsung Presiden Joko Widodo.

"Penerima PKH ini akan mendapat uang sebesar Rp 500 ribu yang bisa diambil melalui Bank BRI dengan membawa tabungannya," kata Puan di Ambon, Rabu 8 Februari 2017.

Dia menyebut penerima PKH di Kota Ambon tahun ini ditargetkan mencapai 4.598 keluarga. Penyaluran bantuan tunai tahap satu akan diberikan secara simbolis kepada 350 penerima manfaat. Mereka akan menerima Rp 500 ribu per 3 bulan dan dapat diambil melalui Bank BRI.

Dia menambahkan, PKH diberikan kepada lansia, ibu hamil, dan mereka yang memiliki anak. Selain PKH, jenis bantuan yang diterima masyarakat Kota Ambon adalah PMT untuk bayi atau balita, PMT untuk ibu hamil, dan PMT untuk anak Sekolah. PMT ini akan dibagikan kepada 600 ibu hamil, 100 anak sekolah, 300 bayi atau balita.

Sementara untuk penerima KIS, ada 1.333 peserta dengan jumlah 347 KK dari total 92.400.000 peserta di seluruh Indonesia. Dia berharap bantuan ini dapat dipergunakan jika benar-benar dalam keadaan sakit.

"KIS ini sebaiknya dipergunakan jika benar-benar sakit. Untuk itu lebih baik dapat dicegah dengan hidup sehat, memakan makanan yg sehat, olahraga secara teratur dan tidur yang cukup," imbuh Puan lagi.

Usai memberikan bantuan di Desa Rumah Tiga, Presiden Jokowi bersama Puan dan rombongan bergerak menuju lokasi kedua. Di SMPN 2 Kota Ambon ini, Mendikbud bersama wakil Gubernur Maluku dan Kepala Sekolah SMPN 2 Kota Ambon menyambut kedatangan Presiden dan rombongan.

"Untuk siswa SD, dana KIP yang akan diterima sebesar Rp 450 ribu, untuk siswa SMP sebesar Rp 750.ribu dan untuk SMA/K sebesar Rp 1 juta" ucap Puan.

Di Ambon, Puan yang didampingi Mendikbud membagikan 1.265 Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada siswa dari tingkat SD, SMP, SMA/K, dan SLB.

Penyerahan KIP secara simbolis diberikan kepada perwakilan siswa-siswi dari sekolah-sekolah di dua kecamatan di Kota Ambon, yakni Kecamatan Baguala dan Kecamatan Sirimau. Pemberian KIP di SMPN 2 Kota Ambon itu disaksikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Sementara itu Presiden Jokowi juga turut memberikan satu paket bantuan berupa notebook sebanyak 20 unit kepada SMPN 2 Kota Ambon. Jokowi berharap pemberian bantuan ini dapat digunakan sebaik-baiknya oleh pihak sekolah guna meningkatkan kreativitas dan kemampuan siswa di bidang teknologi.

Pemberian KIP kepada anak yatim, piatu, dan yatim piatu ini telah beberapa kali dilaksanakan Presiden Jokowi dengan didampingi Menko Puan dan Mendikbud di beberapa daerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas
    Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas

    Puan Maharani

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi