Sukses

Polisi Periksa Ema Teman Firza dalam Kasus Dugaan Chat Seks

Nama Ema disebut dalam chat seks Firza dan rekaman suara yang telah viral di dunia maya.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Polda Metro Jaya telah memeriksa sejumlah saksi dan ahli terkait kasus pornografi berupa dugaan chat seks dan gambar tak senonoh yang diduga melibatkan Firza Husein dan pemimpin FPI Rizieq Shihab.

Salah satunya, seseorang bernama Ema yang disebut dalam chat itu sebagai orang dekat Firza Husein.

"Sudah diperiksa, dia (Ema) temannya. Kita periksa saksi yang dekat Bu Firza siapa saja," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di kantornya, Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Namun, Argo belum bisa membeberkan apa hasil pemeriksaan terhadap Ema. Selain muncul dalam dugaan chat seks, nama Ema, yang disapa Kak Ema oleh Firza, juga disebut dalam rekaman suara yang diduga suara Firza Husein.

Rekaman yang menjadi viral di situs berbagi video, YouTube, itu diduga berupa percakapan antara Firza dan Ema tentang Rizieq. Polisi juga belum bisa membuktikan bahwa suara tersebut adalah Firza.

"Semua masih ditelusuri. Kita ingin membuktikan foto itu, suara itu, adanya chat dari ponsel F dan HR. Kita cari tahu kapan, di mana, jam berapa," kata dia.

Periksa Ahli

Polisi telah pula memeriksa sejumlah ahli, antara lain ahli antopometri, ahli pidana, ahli bahasa, dan ahli telematika. Ahli-ahli itu dihadirkan dari internal Polri dan akademisi.

Keterangan ahli sangat dibutuhkan untuk memastikan apakah gambar yang viral itu Firza Husein atau bukan. Selain dicocokkan dengan Firza, gambar tersebut juga dicocokkan dengan barang bukti yang telah disita dari rumah wanita berhijab itu.

"Kemudian ahli telematika, kita ingin mengetahui antara chating, handphone bener enggak digunakan dan dipakai. Hasil pemeriksaan gambar belum (identik), nanti ahli yang menyampaikan," ucap Argo.

Sementara itu, Rizieq Shihab telah membantah kebenaran video yang memuat chat tersebut.

"Menyangkut video yang beredar, saya dari FPI dan GNPF MUI hanya bisa mengatakan video yang beredar itu semuanya fitnah, dan itu merupakan ujian dari perjuangan kita," ucap Rizieq di Polda Metro Jaya, Sudirman, Jakarta Selatan, 1 Februari 2017.

Ia menjelaskan, wanita yang berada di rekaman video itu telah mengonfirmasi melalui kuasa hukumnya bahwa video yang beredar tersebut tidak benar dan semuanya itu merupakan fitnah.

"Satu hal yang harus kita ingat wanita yang ada di video tersebut sudah mengonfirmasi melalui kuasa hukumnya menanggapi dengan siaran pers suara maupun chat tidak diakuinya. Dikatakan oleh bersangkutan itu sebagai fitnah dan akan menuntut semua yang melakukan fitnah dengan video tersebut," kata Rizieq Shihab.

Adik kandung Firza Husein, Fifi Husein, juga membantah kebenaran tuduhan chat seks tersebut. "Saya cuma bilang kalau itu fitnah," tutur Fifi di kediamannya, Jalan Makmur, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa, 31 Januari 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini