Sukses

SBY Curhat Kasus Penyadapannya Ditanggapi Datar Penegak Hukum

SBY merasa penegak hukum cepat merespon jika ada pelanggaran hukum yang menyentuh kekuasaan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) merasa dugaan penyadapan ilegal terhadap dirinya, tidak diproses dengan tegas oleh pemerintah dan aparat penegak hukum di Indonesia.

"Saya juga merasa ada penegakan hukum yang datar ketika ada indikasi penyadapan ilegal‎ bermotif politik," kata SBY dalam pidato politiknya di acara Dies Natalies 15 Tahun Partai Demokrat di JCC, Jakarta, Selasa 7 Februari 2017.

Dalam hal ini, Presiden ke-6 RI itu menyampaikan, masih ada penegakan hukum yang tidak merata di Indonesia. Di mana, ketika ada indikasi pelanggaran hukum yang menyentuh kekuasaan, kata dia, maka hukum cepat dilakukan.

Namun demikian, lanjut dia, ketika korbannya bukan dari lingkar kekuasan‎, maka penegakan hukum tidak ditangani secara serius dan cepat oleh pemerintah.

"Rakyat merasakan betapa semangat penegakan hukum menangani kasus penyebar kebencian atau tindakan tidak menyenangkan terhadap penguasa. Sebaliknya, kalau yang mencari keadilan bukan dari lingkar kekuasaan caranya tidak selalu mudah," ujar SBY.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.