Sukses

Warga Belanda Ramaikan Festival Rakyat Sambut HPN di Ambon

Hari Pers Nasional (HPN) 2017 digelar di Ambon, Maluku. Berbagai acara digelar 5 hingga 9 Februari mendatang.

Liputan6.com, Ambon - Hari Pers Nasional (HPN) 2017 digelar di Ambon, Maluku. Berbagai acara digelar 5 hingga 9 Februari mendatang.

Salah satu acara yang digelar di HPN adalah festival permainan tradisional rakyat Maluku. Berbagai permainan yang dihadirkan, antaranya, assen, benteng, engrang, gici-gici, saureka-reka, tarompa panjang, lompat tali dan bambu gila.

Pantauan Liputan6.com, Selasa 7 Februari 2017 di jalan St Hairun, di belakang Kantor Gubernur Maluku, ditutup untuk menggelar festival. Banyak murid Sekolah Dasar yang mengikuti kegiatan tersebut.

Masyarakat yang lalu lalang sempat berhenti melihat anak SD yang memainkan saureka-reka. Permainan ini menggunakan bambu empat buah dan beberapa orang harus menari sambil melompatinya. Ada beberapa orang yang mencoba, dan tak sedikit yang kakinya terkena bambu dan membuat gelak tawa.

Tak hanya warga lokal, empat turis asal Belanda pun tertarik dan ikut memainkan permainan assen atau lebih dikenal dengan gobak sodor.

Aksi warga Belanda ikut meramikan festival menyambut HPN itu membuat masyarakat tertawa. Terlebih mereka sempat berjoget dan menari saat mendengar lagu khas Ambon.

Hanz, salah satu warga Belanda, mengatakan, permainan ini sudah dua kali dirasakannya sejak kemarin. Menurut dia, permainan ini menarik dan membuat dekat dengan para warga.

"Ini sudah dua kali saya coba. Kemarin sudah coba. Menarik sekali dan sangat kekeluargaan," kata Hanz yang merupakan salah satu pelatih sekolah sepak bola di Ambon, Selasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.