Sukses

Infrastruktur Kawasan Rumah Si Pitung Akan Diperbaiki

Rumah Si Pitung merupakan salah satu dari 12 destinasi wisata di Jakarta Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara akan memperbaiki dan meningkatkan sarana infrastruktur di lokasi wisata ke Rumah Si Pitung. Hal ini untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke rumah tokoh legenda masyarakat Betawi itu.

Wali Kota Jakarta Utara Wahyu Haryadi mengatakan, saat ini akses jalan dan jembatan menuju kawasan wisata Rumah Si Pitung yang berada di Jalan Marunda Pulo No 1, Kelurahan Marunda, Cilincing, masih kecil dan aspalnya sebagian sudah ada yang rusak.

"Lebar jalannya hanya sekitar empat meter dan cuma bisa dilalui satu mobil pribadi. Selain itu, keberadaan aspal juga sebagian sudah ada yang rusak karena terkikis air akibat tergenang. Ini perlu segera diperbaiki dan diperlebar," ujar Wahyu, seperti dikutip dari Berita Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Rumah Si Pitung (Liputan6.com/ Helmi Fithriansyah)

Selain itu, lokasi wisata sejarah ini juga tidak memiliki lahan parkir untuk kendaraan wisatawan. Hal ini, menjadi penyebab wisatawan enggan berkunjung.

"Kami sudah usulkan ke dinas terkait di pemprov untuk perbaikan infrastruktur ini. Karena, Rumah Si Pitung merupakan salah satu dari 12 destinasi wisata di Jakarta Utara," Wahyu menandaskan.

Salah satu peninggalan Si Pitung yang paling berharga, adalah sebuah rumah yang terletak di kawasan Marunda, Jakarta Utara.

Rumah kayu berbentuk panggung itu merupakan cagar budaya DKI Jakarta. Menurut sejarah, rumah yang berdekatan dengan Rusun Marunda itu sebenarnya bukanlah milik Si Pitung, melainkan milik Haji Syaifudin. Rumah itu di sebut Rumah Si Pitung karena kerap menjadi tempat jagoan silat Betawi itu untuk bersembunyi dari kejaran kompeni.

Pada November 2012 lalu, rumah Si Pitung itu pun direnovasi oleh Dinas Kebudayaan Jakarta Utara. Namun, renovasi yang menghabiskan Rp 2,1 miliar itu hanya pada bangunan lain dan halaman serta gerbang atau pagar yang ada di sekeliling rumah Si Pitung saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.