Sukses

Andreas PDIP Ingatkan Isu Bangkitnya Komunisme ke Menhan

Politikus PDIP ini bertanya mengenai indikasi-indikasi komunisme ke Menhan.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi I DPR Andreas Hugo Pareira mempertanyakan isu bangkitnya komunisme di Indonesia. Hal itu ditanyakan Andreas saat Komisi I menggelar rapat kerja (raker) dengan Menteri Pertahana (Menhan) Ryamizard Ryacudu, dan Panglima TNI Jenderal Gatoto Nurmantyo.

"Pada beberapa waktu yang lalu, Pak Menteri Pertahanan menyampaikan bahwa ada kecurigaan yang menyangkut bahwa ada pihak-pihak menganggap PKI ini tidak ada lagi dan menduga mereka yang beranggapan sepertinya adalah seorang komunis," kata Andreas di ruang rapat Komisi I, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (6/2/2017).

Politikus PDIP ini lalu bertanya mengenai indikasi-indikasi tersebut. Tujuannya agar seluruh masyarakat dapat menghadapi isu munculnya komunisme.

"Kita setuju, kita sepakat, bahwa yang namanya bahaya laten komunis ini perlu kita waspadai. Meskipun kita ketahui di dunia ini induk semangnya sekarang sudah mati suri, bahkan ada yang sudah tidak kelihatan bekasnya lagi," ujar dia.

Andreas mengatakan, menjelang pilkada semua isu dapat dipolitisasi untuk kepentingan tertentu. "Maksud kita memang baik, tapi kemudian ini digiring bisa membahayakan masyarakat kita," kata dia.

Dia mengingatkan, isu yang berkembang saat ini di masyarakat mengarah pada upaya saling tuduh antarkelompok. Karena itu, ia meminta Menhan untuk menjelaskan persoalan komunisme.

"Kalau memang ada, ya bagaimana kita mengatasi, menindaklanjuti apa yang kita maksud bahaya laten komunisme. Kalau tidak ada, jangan ini dijadikan ini sebagai isu mengadu domba masyarakat kita," tandas Andreas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.