Sukses

Polisi Telusuri Call Data Record dari Ponsel Firza Husein

Polisi terus mengusut dugaan chat seks antara pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dengan Firza Husein.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya terus mengusut dugaan chat seks antara pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dengan Firza Husein yang tersebar ke dunia maya. Kali ini, polisi bakal memeriksa call data record (CDR) dari handphone milik tersangka kasus dugaan makar Firza Husein.

"Chat sedang ditelusuri itu dari telepon selular dari mana sumbernya, berkomunikasi dengan siapa itu bisa diketahui dari CDR (call data record) jadi ahli IT akan melihat CDR," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (6/2/2017).

Dia menambahkan, penyidik kasus chat seks ini sudah memperoleh hasil penelusuran CDR dari handphone milik Firza. Hanya saja, mantan Kapolda Banten itu enggan membeberkan lebih rinci.

"Ada kan data penyidikan, saya enggak bisa sampaikan. Nanti di pengadilan," ucap Boy.

Sebelumnya, chat seks Firza Husein dengan orang yang diduga Rizieq Shihab tersebar di dunia maya dari situs Baladacintarizieq. Tak hanya chat seks saja, foto syur Firza Husein juga terpajang di dalam situs tersebut.

Alhasil, sejumlah masyarakat melaporkan kasus ini ke polisi. Mereka adalah Aliansi Mahasiswa Anti Pornografi dan Henry Yoso. Kasus chat seks itu pun sudah naik statusnya dari penyelidikan ke penyidikan.

Sementara itu, Rizieq Shihab telah membantah kebenaran video yang memuat chat tersebut.

"Menyangkut video yang beredar, saya dari FPI dan GNPF MUI, hanya bisa mengatakan video yang beredar itu semuanya fitnah, dan itu merupakan ujian dari perjuangan kita," ungkap Rizieq di Polda Metro Jaya, Sudirman, Jakarta Selatan, 1 Februari 2017.

Ia menjelaskan, wanita yang berada di rekaman video itu telah mengonfirmasi melalui kuasa hukumnya bahwa video yang beredar tersebut tidak benar dan semuanya itu merupakan fitnah.

"Satu hal yang harus kita ingat wanita yang ada di video tersebut sudah mengonfirmasi melalui kuasa hukumnya menanggapi dengan siaran pers suara maupun chat tidak diakuinya. Dikatakan oleh bersangkutan itu sebagai fitnah dan akan menuntut semua yang melakukan fitnah dengan video tersebut," kata Rizieq Shihab.

Adik kandung Firza Husein, Fifi Husein, juga membantah kebenaran tuduhan chat seks tersebut. "Saya cuma bilang kalau itu fitnah," tutur Fifi di kediamannya, Jalan Makmur, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa 31 Januari 2017.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.