Sukses

Bagi KIP di Yogyakarta, Jokowi Kembali Tanya Nama Ikan ke Siswa

Presiden Jokowi membagikan 1.190 Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Liputan6.com, Yogyakarta - Presiden Jokowi membagikan 1.190 Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Jokowi juga memberikan sepeda kepada ribuan siswa yang hadir di SMKN 1 Tempel Sleman.

Seperti biasanya, Jokowi memanggil siswa ke atas panggung untuk diminta menjawab pertanyaan. Ia pun memanggil satu persatu dan meminta empat siswa untuk naik ke atas panggung.

"Ayo siapa yang mau keatas panggung?" ajak Jokowi Sabtu, 4 Februari 2017.

Empat siswa yang dipilih Jokowi lalu ditanyai satu persatu. Siswa pertama yang ditanyai Jokowi adalah Fitrika dari SMP Pembangunan Piyungan Bantul kelas 8. Oleh Jokowi Fitrika diminta menyebutkan 5 nama provinsi yang ada di Indoensia dan berhasil menjawabnya. Kesempatan kedua diberikan kepada Rafasa, kelas 4 dari SD Negeri Sleman 5.

"Kamu berhitung saja. 4 x 5 x 2 berapa? 40, benar ambil sepeda itu," ujar dia.

Kepada siswa selanjutnya, Jokowi kembali menanyakan nama-nama ikan yang ada di laut Indonesia. Namun saat tinggal menyebutkan satu nama ikan, siswa ini justru menjawab ikan laut. Lalu jokowi meminta untuk menyebutkan satu lagi nama ikan dan berhasil dijawab siswa tersebut.

Kejadian menarik saat siswa yang menjawab nama-nama ikan ini diminta memilih sepeda mana yang diinginkannya. Lalu setelah memilih siswa ini membawa sepeda yang sudah dipilihnya melintas di depan Jokowi. Hal ini membuat siswa yang hadir tertawa.

"Sudah taruh di muka situ saja," ujar Jokowi.

Usai memberikan hadiah kepada para siswa yang hadir Jokowi meminta kepada siswa untuk mengggunakan untuk kebutuhan belajar dan tidak untuk isi pulsa. Sebab jika ketahuan maka KIP tersebut dapat dicabut. Jokowi juga meminta kepada siswa untuk selalu giat belajar sehingga menjadi anak pintar.

"Titip belajar. Belajar yang baik kalau temanya belajar satu jam saya belajar dua jam. Teman saya belajar dua jam, saya belajar 4 jam. harus begitu kalau mau pintar," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • KIP

Video Terkini