Sukses

Jokowi Bagikan 1.190 Kartu Indonesia Pintar di Yogyakarta

Jokowi berharap siswa menggunakan KIP dengan sebaik-baiknya.

Liputan6.com, Sleman - Presiden Jokowi mendatangi SMKN 1 Tempel Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan tabungan kepada siswa yatim piatu se- DIY. Selain membagikan KIP, Jokowi juga membagikan 11 sepeda kepada siswa dan 20 laptop kepada pihak sekolah SMKN 1 Tempel.

Jokowi yang mengenakan baju putih itu mengatakan, hari ini ada 1.190 siswa di seluruh DIY mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mendapatkan KIP.

"1.190 anak tangannya diangkat, dihitung, mau saya hitung. Harus dipakai berkaitan dengan sekolah. Bisa beli buku, sepatu seragam dan alat-alat sekolah," ujar Jokowi di depan ribuan siswa sekolah di SMKN 1 Tempel, Sabtu (4/2/2017).

Jokowi menjelaskan, pemerintah sudah menyerahkan lebih dari 17 juta KIP. Dari jumlah itu, ada 763 ribu anak yatim yang mendapatkan KIP. Ia berharap, siswa yang memperoleh KIP dapat menggunakan fasilitas itu dengan sebaik-baiknya.

"Kita ingin anak-anak tidak ada yang tidak sekolah. Anak harus terlayani pendidikan. Dan beberapa sekolah harus diperbaiki sisi kualitasnya," ujar Jokowi.

Presiden membagi KIP di Yogyakarta (Liputan6.com/ Yanuar H)

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Puan Maharani mengatakan, KIP diterima oleh pelajar SD, SMP, SMK, anak yatim piatu, dan panti asuhan. 

"Saat ini KIP yang sudah terdistribusi mencapai 158 ribu anak sekolah di Indonesia. Maka tahun ini anak yatim dan di panti asuhan mencapai 736 anak," kata Puan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menambahkan, dengan kartu ini, pelajar diharapkan dapat melanjutkan pendidikan hingga tingkat SMK/SMA.

Saat ini, pihaknya sedang menyisir anak-anak dari golongan yatim piatu sehingga dapat terdata dengan baik. Anggaran program KIP ini, lanjut dia, tercatat sebesar Rp 10 Triliun.

"Kita mulai dari panti asuhan dan yatim piatu. Mulai sekarang ini kita identifikasi," kata dia.

Dalam acara pembagian KIP ini, Jokowi didampingi Staf Presiden Teten Masduki, Mendikbud, Gubernur DIY dan Menko PMK Puan Maharani.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini