Sukses

Ormas Islam Ini Yakin Ahok Tak Akan Laporkan Ma'ruf Amin

PDIP sejak awal telah membangun komitmen bersama kader dari ormas Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

Liputan6.com, Jakarta - Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) ikut bicara terkait kabar akan dilaporkannya Ketua MUI Ma'ruf Amin atas kesaksiannya dalam sidang Ahok. Organisasi masyarakat (ormas) Islam ini yakin bahwa kabar tersebut merupakan kabar angin saja.

"Isu bahwa Ahok akan melaporkan almukarom Kyai Haji Ma'ruf Amin ke Polri adalah tidak benar dan hanya hoax," tutur Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Bamusi Hamka Haq di Kantor PP Bamusi, Jalan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (3/2/2017).

"Sama sekali sebagaimana telah diklarifikasi sendiri oleh Ahok bahwa yang akan dilaporkan adalah saksi pelapor, bukan saksi ahli yang dihadirkan oleh pihak Kejaksaan," lanjut dia.

Hamka mengatakan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sejak awal telah membangun komitmen bersama kader dari ormas Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Hal itu ditandai dengan terbentuknya Relawan Nusantara (RelaNU) dan Relawan Matahari Jakarta (RMJ) sebagai ormas lslam sayap PDIP.

"Maka adalah mustahil pihak kami akan berbuat melecehkan martabat dan kehormatan almukarom Kyai Haji Ma'ruf Amin yang juga adalah Rais Am NU. Dari pihak Ahok sudah meminta maaf dan almukarom Kyai Haji Ma'ruf Amin pun sudah memaafkannya," jelas Hamka.

Ketua RMJ Supriyadi Djae menambahkan, pernyataan Ahok di sidang kemarin hanyalah upaya yang bersangkutan untuk mencari keadilan. "Ingat, jangan ada yang dipelintir. Kemarin itu Ahok ingin melaporkan saksi pelapor, bukan saksi ahli," ujar Supriyadi.

Perwakilan dari RelaNU yakni Dedi Permana menyampaikan, jangan sampai kesalahpahaman yang terjadi antara Ahok dan Ma'ruf Amin dibesar-besarkan pihak yang berupaya mengambil keuntungan dari kejadian itu.

"Kita di sini untuk berdoa bersama agar persatuan warga Jakarta tidak terpecah," kata Dedi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin