Sukses

M Syaugi Jadi Kepala Basarnas Gantikan Sulistyo

Jadi Kepala Basarnas, Syaugi mengaku akan menjalankan program pencegahan yang menurutnya dapat meminimalisasi kecelakaan.

Liputan6.com, Jakarta - Badan SAR Nasional (Basarnas) saat ini punya pemimpin baru. Adalah Marsekal Muda Muhammad Syaugi yang dilantik Menteri Perhubungan Budi Karya menggantikan Kepala Basarnas sebelumnya, Henry Bambang Sulistyo.

Usai acara pelantikan yang digelar di kantor Kementerian Perhubungan, Rabu 1 Januari 2017, Syaugi mengaku akan melanjutkan program-program yang telah dijalankan pimpinan Basarnas sebelumnya.

Sesuai arahan Menteri Perhubungan, Syaugi mengaku akan menjalankan program pencegahan yang menurutnya dapat meminimalisasi kecelakaan.

"Program utamanya ada pencegahan dari Pak Menteri, itu yang akan saya buat supaya kita tidak menjadi pemadam saja, supaya kalau apa-apa bisa lebih dulu diketahui, kalau ada pencegahan maka kecelakaan akan bisa kita minimalisir," ujar Syaugi seperti dilansir dari Antara.

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi meminta Basarnas mengambil tindakan pencegahan atau preventif terhadap bencana.

"Saya berkeinginan untuk memberikan tugas Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan untuk melakukan upaya-upaya preventif, kalau kita sudah melakukan preventif kalau sampai terjadi kita tahu potret-potretnya", kata Budi Karya.

Ia menjelaskan, selama ini Kemenhub bersama Basarnas telah melakukan pemetaan terhadap wilayah-wilayah yang memiliki potensi rawan bencana. Dia ingin agar program tersebut terus dilanjutkan.

"Kami kemarin sempat diskusi dengan beliau, keliatan memang laut dan timur itu yang paling sensitif, karena itu bersama dengan program dari Kementerian Perhubungan untuk memperhatikan dalam melayani pelayaran rakyat," kata Budi Karya.

Ke depannya, Budi meminta agar dilakukan penguatan koordinasi serta sinergi pihak-pihak terkait agar nantinya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Selain melantik Kepala Basarnas, pada kesempatan yang sama Menhub Budi juga melantik Staf Ahli Bidang Teknologi, Lingkungan, dan Energi Perhubungan Bambang Prihartono yang menggantikan Nugroho Indrio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini