Sukses

Mobil Laboratorium Keliling Gratis Mulai Meluncur di Jakarta

Sumarsono mengatakan mobil laboratorium ini akan beroperasi setiap hari terutama di pasar strategis.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono meluncurkan enam mobil laboratorium (moblab) keliling. Esensi dari moblab ini merupakan wujud perlindungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk penjaminan keamanan pangan.

"Pangan yang sehat yaitu pangan yang tidak ada kimia berbahaya dan seterusnya. Jadi pastikan aman, apalagi anak-anak kalau lihat makanan yang berwarna langsung dibeli," kata Sumarsono di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (1/2/17).

Sumarsono mengatakan, mobil laboratorium ini akan beroperasi setiap hari terutama di pasar strategis.

"Jadi letak strategis ini agar mudah untuk berkoordinasi dengan Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Pasar Jaya," ujar dia.

Selain itu, pria yang karib disapa Soni itu menjelaskan lokasi mobil laboratorium diletakkan di beberapa tempat yang dicurigai memproduksi atau mengedarkan bahan makanan berbahaya.

"Sehingga saat masyarakat mencurigai terdapat bahan makanan tertentu itu mengandung bahan berbahaya, masyarakat dapat meminta jasa molbab keliling untuk dicek," kata Soni.

Dirjen Otda Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu menegaskan keberadaan mobil laboratorium keliling lebih mempermudahkan masyarakat Jakarta.

"Jadi molbab itu mobile kemana-mana, kalau dulu laboratorium di tempat. Masyarakat tinggal membawa sampel ke mobil yang bergerak," Soni memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.