Sukses

3 Langkah Jokowi Wujudkan Kemakmuran Berkeadilan

Jokowi menegaskan, kemakmuruan bukan milik perorangan, kelompok atau golongan tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi ingin Indonesia semakin makmur dan sejahtera. Kemakmuran dan kesejahteraan harus dinikmati semua masyarakat Indonesia.

Jokowi menegaskan, kemakmuran bukan milik perorangan, kelompok atau golongan tertentu. Kemakmuran, kata dia, harus diwujudkan secara berkeadilan.

"Inilah tantangan besar yang kita hadapi sejak Indonesia merdeka sampai saat ini terus kita perjuangkan," kata Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/1/2017).

Untuk mewujudkan kemakmuran yang berkeadilan itu, kata Jokowi, paling tidak ada 3 hal pokok yang bisa dilakukan. Sehingga, kemakmuran berkeadilan di Indonesia dapat terwujud.

"Yang pertama keberpihakan. Yang kedua usaha bersama dengan semangat persatuan dan semangat gotong-royong. Dan yang ketiga, upaya mencapai kemakmuran yang berkeadilan harus bersifat inklusif tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan golongan," jelas Jokowi.

Saat ini, kata Jokowi, ketimpangan ekonomi Indonesia sejak 2015 terbilang membaik. Dari sisi Gini Rasio membaik dari 0,41 menjadi 0,39.

"Semua warga negara tanpa kecuali harus mendapat kesempatan yang sama. Dan pada bulan Desember 2016 lalu saya telah memerintahkan pada Menko Perekonomian untuk mengkaji sebuah kebijakan komprehensif untuk mengatasi ketimpangan ekonomi sosial yang terjadi selama ini," pungkas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi