Sukses

Jokowi Targetkan Perbaikan Pasar Tradisional Dalam 5 Tahun

Jokowi mengaku ingin merubah persepsi pasar-pasar tradisional yang selama ini identik dengan kondisi kumuh, becek, dan kotor.

Liputan6.com, Boyolali - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Pasar Sambi, Boyolali, Jawa Tengah. Jokowi mengatakan tak hanya merevitalisasi pasar Sambi, dia mengatakan ada 5.000 pasar rakyat lainnya di Indonesia yang akan diperbaiki.

Dia menargetkan program tersebut akan selesai selama lima tahun mendatang. "Ini yang kita bangun pasar dari Sabang sampai Merauke, nanti memang target dalam lima tahun ini lima ribu. Ya banyak sekali lima ribu itu, tapi itu target," ujar Jokowi di Boyolali, Senin (30/1/2017).

Jokowi mengaku ingin mengubah persepsi pasar-pasar tradisional yang selama ini identik dengan kondisi kumuh, becek, dan tidak punya tempat parkir menjadi nyaman, bersih dan tidak kalah dengan mal.

"Kalau tidak (ditargetkan) nanti pasar rakyat akan kalah dengan pasar-pasar modern, mal, supermarket, hypermarket, saya tidak mau," tegas dia.

Dalam kunjungannya itu, Jokowi mengingatkan para pedagang di Pasar Sambi untuk menjaga kebersihan dan keramahan saat melayani masyarakat yang berbelanja.

Jokowi mengaku bahagia bisa meresmikan pasar yang menjadi sendi perekonomian strategis di Boyolali. Setelah direvitalisasi, beberapa sarana pendukung juga sudah lengkap. Semua fasilitas ini setara dengan pusat perbelanjaan modern.

"Kalau sudah diresmikan betul-betul sareng-sareng (sama-sama) dijaga, sareng-sareng dirawat kebersihannya. Sehingga pembeli itu datang semakin banyak," kata Jokowi.

Dia pun mengingatkan kepada para pedagang untuk melayani pelanggan dengan baik. "Konsumen yang membeli disapa dengan ramah dan senyum. Konsumen dimanapun harus menjadi raja," ujar Jokowi.

Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini