Sukses

Menyapa Wajah Baru Indonesia di Tapal Batas NTT-Timor Leste

Liputan6.com, Belu - Pos Lintas Batas Motaain, pintu perbatasan Indonesia-Timor Leste yang berada di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur ramai dikunjungi warga dari kedua negara. Sejak diresmikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Januari 2017, pos ini terus dipadati warga walaupun hanya ingin ber-selfie.

Ya, pos tersebut sekarang bukan hanya menjadi pembatas yang mempercantik wajah Tanah Air, tempat ini menjadi lokasi wisata baru bagi warga lokal maupun wisatawan asal Timor Leste.

Seperti yang terlihat pada libur Imlek 2017 yang bertepatan dengan libur akhir pekan. Pengunjung mulai dari anak-anak hingga orang dewasa memadati pos lintas batas yang terletak di Desa Silawan Kabupaten Belu.

Titik yang menjadi favorit di pos ini adalah gerbang utama Indonesia-Timor Leste, taman bunga bertuliskan Motaain Indonesia, dan monumen Pancasila yang berada di tengah kompleks. Banyak yang ber-selfie di titik ini.

Warga di luar Kabupaten Belu dan Timor Leste, juga ikut menyapa wajah baru Indonesia tersebut. Salah satunya warga dari Kabupaten Alor.

Diana Manikin, salah satu wisatawan lokal asal Kupang, mengaku rela datang ke batas negara hanya ingin menyaksikan langsung pos lintas batas yang baru diresmikan Presiden Jokowi.

"Terima kasih Indonesia, terima kasih Pak Presiden, ini sangat luar biasa," ujar Diana kepada Liputan6.com, Belu, Sabtu 28 Januari 2017.

Dia berharap, dengan dibangunnya pos lintas batas, pelayanan di batas negara juga semakin baik. Pengamanan di wilayah perbatasan juga harus semakin diperketat, sehingga tidak ada lagi penyeludupan barang-barang ilegal.

Artikel Selanjutnya
Atambua Siapkan Atraksi Desa Fatubesi untuk Menggoda Timor Leste
Artikel Selanjutnya
Kemenpar Dorong Perbaikan Regulasi Keimigrasian Timor Leste