Sukses

Pabrik Gitar di Bogor Terbakar, Rp 2,5 Miliar Melayang

Tak hanya membakar gudang penyimpanan gitar, api juga menghancurkan atap ruang produksi dan penyimpanan bahan baku.

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran hebat terjadi di pabrik gitar di Desa Klapanunggal, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat pagi. Api yang membakar pabrik milik CV Gunung Indo Instrument itu menghanguskan sekitar 500 gitar yang sedang diproduksi.

Tak hanya membakar gudang penyimpanan gitar, api juga menghancurkan atap ruang produksi dan penyimpanan bahan baku.

Kuat dugaan, api yang mulai berkobar sekitar pukul 06.30 WIB itu karena korsleting listrik di gudang gitar akustik dan elektrik.

Sebanyak tujuh unit mobil pemadam dikerahkan untuk menghentikan kobaran api yang kian membesar. Petugas sempat kesulitan untuk memadamkan api, hingga baru bisa dikuasai sekitar tiga jam kemudian.

Burhansyah, petugas pemadam mengatakan, pihaknya sempat kesulitan memadamkan api karena terdapat bahan kimia yang sangat sulit diatasi dengan air.

"Tinner ini kalau disemprot air malah makin membesar. Ini yang membuat kami agak kesulitan memadamkan api," ujar dia.

Sementara itu, pemilik pabrik gitar Iwan Kurniawan menyatakan, meski tak merenggut korban jiwa, peristiwa ini mengakibatkan kerugian materi yang ditaksir mencapai Rp 2,5 miliar.

"Itu karena rata-rata bahan bakunya berasal dari luar negeri," kata Iwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini