Sukses

Menko Wiranto: Negara Jamin Perlindungan bagi Minoritas

Wiranto mengatakan, keberagaman etnis, suku, dan agama pernah membuat Indonesia menjadi negara kuat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, negara akan menjamin perlindungan bagi segenap bangsa, termasuk kaum minoritas yang ada di Indonesia.

"Pemerintah menjamin akan melindungi segenap bangsa Indonesia, baik yang mayoritas atau pun minoritas. Makanya yang minoritas tidak perlu khawatir akan ditindas oleh mayoritas," ujar Wiranto dalam diskusi di Jakarta, Kamis 26 Januari 2017.

Mantan Panglima TNI itu menegaskan, kementeriannya akan memastikan kehadiran pemerintah dalam menjamin rasa aman bagi setiap warga negara.

Dia mengatakan, takdir setiap manusia menjadi etnis tertentu merupakan anugerah yang tidak perlu dipertentangkan.

"Pada saat manusia dilahirkan apakah kita bisa memilih jadi apa? Tidak bisa kan? Lahir dari keluarga Tionghoa dan menjadi Tionghoa, lahir sebagai Arab, sebagai Jawa, itu merupakan kodrat," kata Wiranto seperti dilansir dari Antara.

Mantan Ketua Umum Partai Hanura ini juga menjelaskan, keberagaman etnis, suku, dan agama pernah membuat Indonesia menjadi negara yang kuat, yang kemudian berhasil mengusir penjajah.

"Kadang-kadang kita lupa, deklarasi kemerdekaan Indonesia itu atas nama segenap bangsa yang terdiri dari beragam etnis. Jadi kita ini satu bangsa, mau Jawa, Sunda, atau Tionghoa," terang dia.

Oleh karena itu, Wiranto mengajak masyarakat untuk kembali menjadikan keberagaman sebagai sumber kekuatan negara.

"Kalau keberagaman bisa dikemas menjadi kekuatan, itu luar biasa. Pendahulu kita berarti sangat cerdas karena memberi semboyan Bhineka Tunggal Ika, beragam-ragam tapi tetap satu," Wiranto menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.