Sukses

Jokowi: Sebelum Belajar, Ajak Dulu Siswa Menyanyi Indonesia Raya

Jokowi ingin ada penambahan aktivitas sebelum kegiatan sebelum proses belajar mengajar dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan pentingnya pendidikan karakter bagi anak Indonesia sejak di sekolah. Karena itu, mereka harus dibekali dengan berbagai pengetahuan kebangsaan.

Jokowi ingin ada penambahan aktivitas sebelum kegiatan proses belajar mengajar dilakukan. Setiap siswa harus menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Sebelum pelajaran tolong anak-anak kita diajak agar menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Pancasila," ujar Jokowi saat pembukaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis 26 Januari 2017.

Jokowi memang belum tahu persis hal itu sudah dilakukan atau belum sekarang ini. Tapi, Pancasila dan Indonesia Raya harus terus diingatkan.

"Kalau tidak kita lupa bahwa kita ini memiliki lebih dari 700 suku, kita lupa catatan saya 1.700 lebih bahasa lokal. Kebhinnekaan ini yang perlu kita ingatkan kepada anak-anak," jelas Jokowi.

Kebhinnekaan menjadi kunci agar anak-anak tidak mudah terpengaruh dengan budaya negara lain. Dengan begitu, kecintaan terhadap negara bisa terus ditumbuhkan.

"Sehingga Indonesia Raya, Pancasila perlu terus kita ingatkan keada anak-anak kita," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.