Sukses

Kenali Tanda dan Gejala Menopause pada Wanita

Perhatikan asupan gizi menjelang menopause, agar terhindar dari kerusakan tulang dan serangan jantung.

Liputan6.com, Jakarta Menopause merupakan kondisi normal yang akan dialami oleh semua wanita pada usia tertentu. Umumnya terjadi kala wanita beranjak menuju usia senja. Secara umum, menopause didefinisikan sebagai masa berhentinya siklus menstruasi pada wanita, karena ovarium tak lagi hasilkan sel telur. Dengan kata lain, masa reproduksi wanita akan berakhir seiring dengan masuknya masa menopause ini. 

Kehadiran menopause bukanlah hal tabu, ini proses alamiah yang tidak bisa dihindari. Namun, bukan berarti menopause tidak memberikan ancaman apapun. Perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh karena berakhirnya masa reproduksi, memberikan dampak pada tulang hingga kesehatan jantung.

Sehingga, penting mulai memperhatikan asupan gizi yang tepat, dimulai sejak memasuki tahap awal menopause, yaitu pramenopause. Selengkapnya dalam infografis di bawah ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.