Sukses

Riset UGM: Ahok dan Pilkada DKI Isu Paling Populer Sepanjang 2016

Berdasarkan hasil riset, Presiden ke-6 RI yaitu Susilo Bambang Yudhoyono, mendapatkan komentar negatif terbanyak dibandingkan tokoh lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta menjadi isu paling populer sepanjang 2016. Adapun tokoh paling populer adalah cagub DKI Jakarta nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Hal ini diketahui berdasarkan hasil riset Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada (UGM), mengenai isu dan tokoh populer di Indonesia sepanjang 2016.

CfDS mengolah lima isu utama dari isu spesifik dan sosial politik pada Oktober-Desember 2016, yakni reklamasi Jakarta, Pilkada DKI, vaksin palsu, mudik Lebaran, dan amnesti pajak.

"Dari pengolahan data tim riset, muncul hasil secara umum isu Pilkada DKI merupakan isu paling banyak dikomentari, serta isu dengan jumlah berita terbanyak," ujar tim asisten peneliti CfDS, Daniswara, di UGM, Selasa 24 Januari 2017.

Sedangkan isu yang paling sedikit mendapat komentar adalah vaksin palsu.

Adapun tokoh populer dari tiga kategori berbeda, yaitu kalangan politik, dunia hiburan, dan alim ulama, muncul 20 nama di antaranya Mario Teguh, Agnes Monica, Raffi Ahmad, SBY, Jokowi, Ahok, Aa Gym, Ustaz Arifin Ilham, hingga Ustaz Felix Siauw.

Dari 20 nama itu, yang paling populer sepanjang 2016 adalah Ahok, SBY, Jokowi, Prabowo, dan Mario Teguh.

Berdasarkan hasil riset, berita Ahok di online mendapatkan komentar terbanyak. Grafiknya sangat signifikan dibanding tokoh lainnya.

Adapun Presiden ke-6 RI yaitu Susilo Bambang Yudhoyono, mendapatkan komentar negatif terbanyak dibandingkan tokoh lainnya.

Research Manager CfDS Viyasa mengungkapkan, terdapat pola segmentasi yang berbeda oleh netizen di kanal berita online dan Facebook.

"Laki-laki cenderung lebih aktif untuk berkomentar mengenai isu-isu dan tokoh di berita online maupun Facebook," ucap Viyasa.

Riset ini dibuat berdasarkan tanggapan netizen di empat kanal berita online yakni Detik, Liputan6, Kompas, dan Tribunnews, serta sosial media Facebook. Riset mengambil sampel 5.969 berita dan total jumlah komentar 12.876 baik dari berita online maupun Facebook.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • SBY