Sukses

Ketika Kapolri Sindir Pasukan Nasi Bungkus Saat Demonstrasi

Kapolri mengakui adanya orang-orang bayaran yang bersedia meramaikan demo.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Republik Indonesia sejak awal tahun terus "dihantui" demonstrasi dari sejumlah masyarakat. Dari demo berskala kecil, hingga demo dengan massa yang tumpah ruah menutupi jalanan harus siap dihadapi polisi.

Hal ini rupanya menarik perhatian Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Dia mengatakan, telah meminta DPR untuk menyediakan panggung aspirasi.

"Saya sudah minta ke DPR, daripada demonya ganggu jalanan, buatlah panggung demokrasi," ucap Tito saat menjadi pembicara di Senen, Jakarta Pusat, Selasa (24/1/2017).

Hal ini, menurut Tito, sangat dibutuhkan untuk menghindari aksi yang mengganggu masyarakat, khususnya para pengguna jalan.

"Jadi kalau mau demo di sanalah," kata Tito.

Tito mengungkapkan, ada hal lucu yang terjadi pada sejumlah demonstrasi. Hal ini menyangkut fenomena pasukan nasi bungkus (Panasbung). 

Tidak bisa disangkal, ujar mantan Kapolda Metro Jaya itu, pada demonstrasi tertentu ada peserta aksi yang merupakan orang bayaran yang tergabung dalam Panasbung.

Panasbung merupakan istilah yang keluar pertama kali melalui sebuah forum di dunia maya. Hal itu, untuk menyebut sebuah kelompok yang kerap membela individu atau kelompok lain demi mendapatkan bayaran atau sekadar nasi bungkus.

"Kalau demo ada yang menarik, pasti datang. Tapi kalau demonya (pasukan) nasi bungkus. Ya dia lagi, dia lagi. Nanti kalau sudah selesai, (ditanya) bagaimana honornya," cerita Tito sambil tertawa tepingkal-pingkal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini