Sukses

Wiranto: Hoax Sudah Jadi Tren Dunia, Semua Negara Menghadapinya

Wiranto menyatakan saat ini tinggal bagaimana tiap-tiap negara mampu mengeliminasi dan menetralisir bahaya hoax itu.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyampaikan, fenomena peredaran hoax atau berita bohong merambah ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

"Namanya aja hoax itu kan sudah jadi tren di dunia ya. Semua negara di dunia menghadapi hal yang sama," kata Wiranto di kawasan Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Senin 23 Januari 2017.

Oleh karena itu, Wiranto menegaskan, tinggal bagaimana negara khususnya Indonesia bisa menetralisir bahaya dari massifnya peredaran hoax tersebut, dengan partisipasi aktif dari masyarakatnya.

"Tinggal bagaimana tiap-tiap negara mampu mengeliminasi dan menetralisir bahaya hoax itu, dan itu membutuhkan kesadaran masyarakat bukan diserahkan begitu saja ke pemerintah," ucap dia.

Wiranto menjelaskan, kalau masyarakat Indonesia mudah percaya terhadap berita hoax, maka hal tersebut akan mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Sekarang ini saya selaku Menko Polhukam terus menerus meminta masyarakat sadar bahwa kalau terjebak hoax, maka kita tidak dapat lagi menemukan kebenaran dan bila tataran kebenaran tidak dapat kita temukan di negeri ini. Maka artinya kita menyerah pada usaha-usaha perusak kesatuan dan persatuan kita," jelas Wiranto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.