Sukses

Terjaring Saat Mengemis, Ayah Marshanda Kini Tinggal di Pesantren

Minggu malam, 22 Januari 2017, ayah artis Marshanda terlihat di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh, Kota Malang, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta Sepuluh bulan lalu publik dihebohkan dengan berita ayah Marshanda, Irwan Yusuf, yang ditemukan mengemis di Jalan Bangka, Jakarta Selatan.

Saat terjaring petugas Dinas Sosial, Kamis 24 Maret 2016, kondisi ayah Marshanda, sangat memprihatinkan. Bajunya lusuh dan kotor, serta kondisi badannya tidak terawat.

Belakangan Marshanda menemui ayahnya dan dikabarkan membelikan rumah untuk tempat tinggal ayahnya. Marshanda bahkan sempat memamerkan keakrabannya dengan sang ayah yang terlihat lebih baik, dalam sebuah foto yang diunggah di media sosial.

Namun, Irwan nyatanya tidak tinggal di rumah baru. Minggu malam, 22 Januari 2017, sosok Irwan Yusuf terlihat di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh, Jalan Joyo Agung, Kota Malang, Jawa Timur.

Keberadaan Irwan diketahui setelah pimpinan Pesantren KH Lukman Al Karim atau Gus Lukman memperkenalkanya.

"Ini Pak Irwan ayahnya Marshanda, sudah delapan bulan di sini," kata Gus Lukman di Pesantren Bahrul Maghfiroh.

Irwan terlihat mengenakan sarung, kopiah, dan sweater warna gelap. Wajahnya tampak semringah. Dia mengaku datang ke Pondok Pesantren Bahrul dibawa keluarganya, tapi tanpa disertai Marshanda. Irwan masuk pesantren atas bantuan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Saat diitanyakan apakah Marshanda pernah datang menengok, Irwan langsung menjawab, "tidak pernah."

Meski tak datang menjenguk, namun Irwan mengungkapkan, putrinya yang berprofesi sebagai artis itu penah menanyakan kabarnya.

"Pernah telepon, nanya papa apa kabar," ungkap Irwan.

Sementara, Gus Lukman mengungkapkan, Irwan dibawa ke pesantren untuk menjalani pengobatan sekaligus menimba ilmu agama.

Menurut Gus Lukman, tingkah Irwan yang dulu kerap mendatangi kuburan dan tidak mengurus dirinya, dipengaruhi 'ilmu' yang dipelajarinya.

Kondisi Irwan ini membuat Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh, memberikan pendampingan selama 24 jam untuk ayah Marshanda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.