Sukses

Perancang Masjid Istiqlal Reguel Sidjabat Tutup Usia

Reguel Sidjabat bekerja satu tim dengan arsitek yang merancang Masjid Istiqlal yaitu Fredrich Silaban.

Liputan6.com, Jakarta Tim perancang Masjid Istiqlal Reguel Sidjabat tutup usia pada umur 80 tahun. Almarhum meninggal di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, pada Sabtu 20 Januari kemarin.

Kerabat almarhum Rouli Sijabat melalui akun Twitter-nya @Roulisijabat menyatakan, almarhum meninggal di RSCM pada pukul 19.50 WIB.

"Telah berpulang ke rumah Bapa, Ir. H. Reguel Sidjabat (80 thn), Sabtu (20/1) pukul 19.50 di RSCM… [pic]," tweet Rouli yang dikutip Liputan6.com, Minggu (22/1/2017).

Pada hari yang sama di akun Path, Rouli juga menyebutkan, almarhum disemayamkan di Rumah Duka Dharmais. "Alm Ir HR Sidjabat adalah sepupu dari Almarhum Ayah dan termasuk salah satu perantau pertama marga Sidjabat dari Tomok, Samosir ke pulau Jawa."

Menurut cerita yang pernah dia dengar dari berbagai sumber di keluarga besar Sidjabat, kata Rouli, selulus SMA almarhum melanjutkan kuliah di ITB Bandung dan berkarir di Pekerjaan Umum (PU) Jakarta.

Rouli menyebutkan, salah satu karya Reguel Sidjabat adalah turut menjadi tim yang membangun Mesjid Istiqlal Jakarta pada 70-an.

"Bekerja satu tim dengan arsitek yang merancang Mesjid Istiqlal yaitu Fredrich Silaban. Alm menjadi Kepala Bidang Teknik di bawah supervisi Prof. Dr. Ir. Rooseno," dia memaparkan.

Rouli mengatakan salah satu kutipan dari biografi Reguel Sidjabat yang banyak menginspirasi marga Sidjabat mengikuti teladannya adalah: Ir HR Sidjabat merupakan pejabat PU yang ditempatkan di perusahaan negara bernama PN Indah Karya. Ia menjabat sebagai Kepala Cabang PN Indah Karya Jakarta sekaligus Structure Engineer dan Direksi Proyek Masjid Istiqlal.

"Dalam proyek ini ia memiliki peran sangat penting sehubungan dengan keahliannya dalam bidang struktur bangunan dan struktur beton," kata Rouli.

"Selamat Jalan Bapatua, terima kasih sudah menjadi inspirasi bagi banyak marga Sidjabat, untuk merantau demi meraih kehidupan yang lebih baik melalui pendidikan tinggi, dan turut serta membangun negeri. Turut berduka untuk keluargaReguel Sidjabat yang ditinggalkan, semoga diberikan kekuatan dan penghiburan," Rouli memaparkan.

Rencanananya, jenazah Reguel Sidjabat akan dimakamkan di Tomok, Pulau Samosir, pada Selasa 24 Januari 2017. Sedangkan pada Senin pagi dilakukan acara adat di rumah duka Dharmais.

"Dan Senin malam (jenazah) diberangkatkan menggunakan pesawat ke Tomok, Pulau Samosir, untuk di kebumikan esok hari Selasa di sana, tempat kampung halaman almarhum," Roul menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini