Sukses

FPI Kawal Rizieq Shihab, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Sejumlah organisasi masyarakat (ormas), termasuk FPI akan mengawal kedatangan Rizieq Shihab ke Polda Metro Jaya.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah organisasi masyarakat (ormas), termasuk Front Pembela Islam (FPI) akan mengawal kedatangan Rizieq Shihab ke Polda Metro Jaya. Pimpinan FPI itu diperiksa sebagai saksi dalam dugaan penyebaran kebencian soal mata uang rupiah berlogo palu-arit.

Polisi pun menyiapkan rekayasa lalu lintas ketika massa jadi mengunjungi Mapolda Metro Jaya untuk mengantar Rizieq.

Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Metro Jaya AKB Budiyanto mengatakan rekaya lalu lintas ini berlaku situasional.

"Pengaturan arus lalu lintas untuk menciptakan dan membangun situasi keamanan keselamatan tertib serta lancar, lantas tetap kondusif dan dinamis sehingga seluruh aktivitas masyarakat tetap dapat berjalan dengan aman, lancar dan berkeselamatan," jelas Budiyanto dalam pesan singkatnya, Jakarta, Sabtu (21/1/2017).

Menurut dia, polisi akan mengusahakan agar massa pendukung Rizieq Shihab tidak mengganggu pengguna jalan lain. Jika jumlah massa membludak dan menutup jalan, rekayasa lalu lintas akan diberlakukan.

"Arus lalu lintas dari Cawang yang akan mengarah Jalan Jenderal Sudirman di Semanggi diluruskan ke Jalan Gatot Subroto - skat 2 - Jalan Gerbang Pemuda - Asia Afrika - Pakubuono - CSW - Blok M dan seterusnya," kata Budiyanto.

Kedua, arus lalu lintas dari Bundaran HI yang mengarah depan Mapolda
di Semanggi dibelokkan ke kiri arah Gatot Subroto - Simpang Kuningan belok kanan arah Mampang - Jalan Tendean dan seterusnya. Bisa juga naik ke jembatan Semanggi - Gatot Subroto - Skat 2 - Jalan Gerbang Pemuda - Asia Afrika - Pakubono - CSW -Blok M dan seterusnya.

"Ketiga arus lalu lintas dari Slpi yang akan mengarah Jalan Sudirman (depan mapolda) di Semanggi diluruskan ke Simpang Kuningan (ende 3) belok kanan ke Mampang - Jalan Tendean - Wolter Monginsidi - Blok M dan seterusnya. Empat, arus lalu lintas dari Blok M yang akan mengarah Semanggi dibelokkan ke kiri ke pintu IX - Asia Afrika - Jalan Gerbang Pemuda - fly over farmasi - Gatot Subroto - Semanggi belok kiri ke Jalan Sudirman Thamrin atau di Semanggi diluruskan ke Kuningan - Jalan Rasuna Said dan seterusnya," ujar Budiyanto.

Penyidik Polda Metro Jaya memanggil pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sebagai saksi terlapor Senin 23 Januari 2017. Dia akan diperiksa terkait dugaan penyebaran kebencian soal mata uang rupiah berlogo palu-arit.

Namun, Juru Bicara DPP FPI Slamet Maarif mengatakan Rizieq Shihab belum memutuskan akan hadir dalam pemeriksaan tersebut. "Habib sendiri belum memutuskan akan hadir atau tidak dalam pemeriksaan tersebut," ujar Juru Bicara DPP FPI Slamet Maarif saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (21/1/2017).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.