Sukses

Polisi Ciduk Anggota Ormas di Bogor yang Lakukan Pungli

Ketujuh orang yang ditangkap berinisial MM (39), IN (37), MS (28), AEP (32), AG (30), DD (34), dan DU (42).

Liputan6.com, Bogor - Tujuh orang yang melakukan pungutan liar (pungli) di kawasan Pasar Bogor, Kota Bogor, diciduk Tim Alfa Force (TAF) Polresta Bogor Kota. Dari operasi tangkap tangan (OTT), Sabtu (21/1/2017) pagi, polisi mengamankan barang bukti berupa uang tunai dengan total Rp 2,2 juta.

Ketujuh orang yang ditangkap berinisial MM (39), IN (37), MS (28), AEP (32), AG (30), DD (34), dan DU (42).  

"Dari 7 orang, 3 di antaranya mengaku sebagai anggota ormas," kata Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota Komisaris Chondro Sasongko.

Sebelum melakukan operasi tangkap tangan, menurutnya, polisi melakukan pemantauan terhadap aktivitas mereka di pasar tersebut. "Hasil pemeriksaan sementara, pungli ini sudah lama dilakukan oleh mereka," kata dia.

Modusnya, para pelaku meminta uang secara paksa kepada pedagang dengan alasan sebagai uang keamanan, kebersihan, hingga uang penerangan. "Sebetulnya pedagang sudah membayar iuran secara resmi ke pengelola pasar," kata Chondro.

Dengan begitu, para pelaku ini telah melakukan pungutan liar terhadap para pedagang. Guna pemeriksaan lebih lanjut, saat ini ketujuh orang tersebut diamankan di Mapolresta Bogor Kota.

Polisi akan terus mendalami kasus tersebut dan memanggil pihak-pihak terkait termasuk pengelola pasar. "Kami akan kembangkan terus kasus pungli ini," kata Chondro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.