Sukses

Ramalan Ayah Ahok yang Jadi Kenyataan

Ahok mengatakan, sang ayah memintanya tetap bertahan dan tidak pergi ke luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat muda tidak pernah bercita-cita jadi pejabat. Menurut gubernur nonaktif DKI Jakarta itu, keinginannya saat muda justru menjadi konglomerat atau pengusaha sukses.

Apa yang membuat Ahok berputar arah hingga mau menjadi pejabat? Jawabannya adalah ayah kandung Ahok, yakni Indra Tjahaja Purnama alias Kim Nam.

Ahok menceritakan ramalan ayahnya di acara bedah buku A Man Called Ahok karya Rudi Valinka alias @kurawa di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Jumat (20/1/2017).

Cerita bermula pada 1995. Saat itu Ahok menggantikan posisi ayahnya yang sakit di perusahaan pertambangan milik keluarga di Belitung Timur.

Namun, saat itu Ahok sempat putus asa lantaran dikerjai pejabat korup. Sang ayah meminta Ahok bertahan dan tidak pergi ke luar negeri.

"Hok, kamu tidak boleh pergi ke luar negeri. Rakyat miskin membutuhkan kamu," nasihat ayah Ahok.

"Mana mungkin, muka minyak babi seperti kita bisa jadi pejabat?" jawab Ahok saat itu.

"Percayalah, satu hari kelak rakyat akan langsung memilihmu untuk perjuangkan nasib mereka," kata ayah Ahok kala tahun 1995.

Ahok menuturkan, pada tahun itu belum ada pemilihan wakil rakyat langsung. Namun, ayahnya meramalkan Ahok pasti jadi pejabat yang dipilih langsung rakyat.

Sepuluh tahun kemudian, yakni 2005, ucapan ayahnya terbukti. Ahok terpilih langsung oleh rakyat menjadi Bupati Belitung Timur tanpa melalui pemilihan DPRD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • dr. Basuri Tjahaja Purnama, M.Gizi.Sp.GK. adalah mantan Bupati Belitung Timur. Ia merupakan adik kandung dari Ir. Basuki Tjahaja Purnama.
    dr. Basuri Tjahaja Purnama, M.Gizi.Sp.GK. adalah mantan Bupati Belitung Timur. Ia merupakan adik kandung dari Ir. Basuki Tjahaja Purnama.

    Basuri Tjahaja Purnama

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

Video Terkini