Sukses

Ahok: Banyak Pedagang Gunakan Kios untuk Gudang di Pasar Senen

Menurut Ahok, penyebab sulitanya api dipadamkan karena banyaknya kios di pasar yang digunakan sebagai gudang oleh para pemiliknya.

Liputan6.com, Jakarta Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan keprihatinannya atas terbakarnya Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Menurut Ahok, penyebab sulitanya api dipadamkan karena banyaknya kios di pasar yang digunakan sebagai gudang oleh para pemiliknya.

Dia mengungkapkan para pemilik kios di Pasar Senen menyalahi aturan dengan memiliki kios mulai dari 5 hingga10 di mana setengahnya dialihfungsikan sebagai gudang.

"Tidak boleh sebenarnya menumpuk toko untuk gudang, karena prinsip pasar itu sebenarnya adalah untuk dagang. Semakin banyak barang makanya sampai setengah mati buat pemadaman apinya," kata Ahok di Hotel Santika, Tamansari, Jakarta Barat, Kamis 19 Januari 2017.

Mantan Bupati Belitung Timur ini berharap kebakaran ini tidak sampai di blok 3 milik Pasar Jaya. "Jadi takutnya menyambar di blok 3, karena blok ini baru milik Pasar Jaya," ujar dia.

Sebagai Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Ahok tidak dapat berbuat banyak untuk permasalahan kebakaran ini. Tetapi saat mengetahui adanya kejadian, pihaknya langsung menghubungi Direktur Utama Pasar Jaya untuk memberikan masukan.

"Saya enggak bisa perintah apapun kepada Dirut Pasar Jaya, tapi sebagai gubernur non aktif langsung hubungi dan sebatas memberikan masukan," pungkas Ahok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini