Sukses

Cerita KSAU Hadi Tjahjanto tentang Perjalanan Kariernya

Karier KSAU Hadi Tjahjanto terbilang cepat melesat. Apa rahasianya?

Liputan6.com, Jakarta - Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menapaki karier baru sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). Banyak pihak yang menilai perjalanan karier Hadi melesat cepat hingga mendapatkan bintang empat.

Menanggapi hal itu, Hadi mengatakan, pembinaan karier itu ada di tangan pimpinan. Sebagai prajurit, tentu selalu siap ditempatkan di mana saja.

"Mau jadi apa selanjutnya itu adalah urusan pimpinan, sehingga saya hanya bisa melaksanakan. Menolak pun kita tidak bisa," kata Hadi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (18/1/2017).

Sebagai prajurit, sudah seharusnya menjalankan sumpah prajurit dan sapta marga. Oleh karena itu, Hadi selalu siap menjalankan segala tugas yang diberikan.

"Jadi hanya satu, siap melaksanakan perintah atasan," tegas Hadi.

Hadi merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986. Pria kelahiran Malang, 8 November 1963 itu sempat menempati beberapa jabatan strategis di TNI AU. Hadi sempat menjabat Perwira Menengah Dinas Administrasi dan Personel TNI AU.

Suami Nanik Istumawati itu melanjutkan tugas sebagai Komandan Pangkalan UDara (Danlanud) Adi Sumarmo Boyolali, Jawa Tengah pada 2010-2011. Jabatan Direktur Operasi dan Latihan Basarnas juga pernah diembannya pada 2011-2013.

Kariernya semakin melesat dengan menjabat Kepala Dinas Penerangan TNI Au pada 2013-2015. Bapak dari Hanica Relingga Dara Ayu dan Handika Relangga Bima Yogatama itu kembali memimpin Pangkalan Udara sebagai Danlanud Abdulrahman Saleh, Malang pada 2015.

Hadi mendapat pangkat Marsekal Muda dan langsung menjabat sebagai Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) pada 2015-2016). Terakhir, Hadi dipindahtugaskan sebagai Irjen Kemenhan serta kenaikan pangkat menjadi Marsekal Madya pada 2016. Sampai akhirnya dilantik menjadi KSAU menggantikan Marsekal Agus Supriatna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.