Sukses

Seskab: KSAU Baru Akan Diumumkan Usai Rapim TNI

Menurut Pramono, nama kandidat KSAU yang baru kini sudah ada di tangan Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung memperkirakan pengumuman pergantian Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), usai rapat pimpinan (Rapim) TNI 2017. Pergantian dilakukan karena Marsekal TNI Agus Supriatna memasuki masa pensiun.

"Setelah Rapim TNI ini segera disampaikan," kata Pramono usai menjadi pembicara di Rapim TNI 2017, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (17/1/2017).

Pramono mengatakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah menjatuhkan pilihan terhadap satu kandidat. Namun, pengumuman baru akan disampaikan usai Rapim TNI yang rencananya digelar selama empat hari hingga Kamis 19 Januari 2017.

Menurut Pramono, nama kandidat KSAU yang baru kini sudah ada di tangan Presiden. "Sudah di meja beliau," kata dia.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sudah menyetorkan tiga perwira tinggi TNI AU bintang tiga, sebagai kandiat KSAU untuk menggantikan Agus yang akan pensiun pada akhir Januari 2017.

Tiga kandidat yang disebut-sebut yakni Irjen Kemhan Marsdya TNI Hadi Tjahjanto, Wakil Kepala Staf TNI AU Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja, dan Wagub Lemhannas Marsdya TNI Bagus Puruhito.

Sementara, Jokowi sebelumnya mengaku telah mengantongi kandidat KSAU yang baru saat menghadiri pembukaan Rapim TNI, Senin 16 Januari lalu, namun dia belum bersedia menyebutkan.

"(Kandidat KSAU) Sudah ada di kantong saya, yang diajukan Panglima sudah. Nanti dibuka, masih di kantong," Jokowi menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.