Sukses

Janji-Janji Cagub DKI di Debat Perdana

Sejumlah janji mencuat dalam debat perdana Cagub DKI. Mulai dari perihal integritas hingga komitmen adanya penggusuran atau tidak.

Liputan6.com, Jakarta Debat Cagub DKI putaran pertama telah berlangsung pada Jumat malam 13 Januari 2017. Ada sejumlah pesan terselip dalam acara tersebut. Mulai dari ajang pembuktian, kritik, dan klarifikasi bagi para pasangan calon kepala daerah.

Bagi pasangan calon nomor urut 1 Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni, debat perdana menjadi ajang pembuktian. Sebelumnya, banyak yang meragukan kemampuan Agus dalam berargumen. Terlebih, pada debat calon kepala daerah yang diadakan sejumlah media massa, Agus tidak pernah hadir.

Sementara itu, lawannya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat lebih tenang selama Debat Cagub DKI 2017 berlangsung. Pasangan nomor urut 2 tersebut bicara seperti biasanya. Lebih rileks.

Sementara, pasangan calon nomor urut 3 Anies Baswedan dan Sandiaga Uno memanfaatkan Debat Cagub DKI 2017 sebagai tempat mengkritik lawan-lawannya. Anies mengkritik jawaban Sylvi soal Tim Pengawasan Orang Asing. Dia juga mengkritik Ahok yang tidak menepati janji politiknya dengan warga terkait penggusuran dan transportasi Jakarta.

Ada beberapa poin krusial dalam debat perdana tersebut, salah satunya, bagaimana paslon akan mengatasi masalah-masalah utama di Ibukota. Dari kemiskinan, ketimpangan sosial, minimnya lapangan kerja hingga permasalahan relokasi, yang tak pernah surut. Apakah paslon yang ada akan mengikuti cara lama dari kepemimpinan Ahok-Djarot, untuk melakukan penggusuran warga di wilayah relokasi, atau tidak?

Janji-janji pun terlontar dengan pasti selama debat, seperti penyediaan Bantuan Langsung Sementara (BLS) untuk setiap warga miskin, hingga terciptanya lapangan kerja baru, dan jaminan-jaminan hidup lainnya, jika di antara mereka terpilih sebagai Gubernur DKI 2017-2022 nanti.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.