Sukses

Kaca Pecah dan Plafon Bioskop Mal di Medan Ambruk Akibat Gempa

Gempa berkekuatan 5,6 SR mengguncang Kabupaten Deli Serdang, Senin pukul 19.42 WIB.

Liputan6.com, Medan - Gempa 5,6 Skala Ritcher mengguncang Deli Serdang, Sumatera Utara. Getaran gempa yang berpusat di dekat Gunung Sinabung ini juga dirasakan kuat di Kota Medan.

Bahkan guncangan gempa membuat salah satu plafon di gedung Mall Focal Point, tepatnya di salah satu studio yang ada di bioskop, ambruk.

Kapolsek Sunggal Kompol Daniel Marinduri mengatakan, gempa tidak hanya membuat plafon gedung mal yang berada di Jalan Gagak Hitam itu ambruk, tetapi dinding kaca mal juga pecah.

"Benar, plafon bioskop ambruk dan kaca dinding pecah akibat gempa tadi," kata Daniel, Senin (16/1/2017), di Medan.

Gempa Deli Serdang menyebabkan kaca dinding mal di Medan pecah. (Liputan6.com/Reza Perdana) Dia menjelaskan, pihaknya telah turun ke lokasi untuk mengetahui kondisi lebih lanjut. Namun dia memastikan tidak ada korban jiwa akibat rubuhnya plafon dan pecahnya kaca dinding mal tersebut.

"Anggota sudah ke lokasi. Kita pastikan tidak ada korban jiwa, pihak mal juga sedang melakukan pembersihan kaca yang berserakan," jelas Daniel.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa berkekuatan 5,6 SR berpusat di darat, 28 km barat daya Kabupaten Deli Serdang, terjadi Senin pukul 19.42 WIB.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sumber gempa berasal dari sesar di darat dengan kedalaman 10 km. Gempa tidak berpotensi tsunami.

"Sebelumnya juga terjadi gempa 3,9 SR pada 16 Januari 2017 pukul 19.13.30 WIB, dengan pusat gempa di darat pada 23 km barat daya Kabupaten Deli Serdang dengan kedalaman 10 km. Gempa dirasakan di Medan I-II MMI (I SIG)," ujar Sutopo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini