Sukses

Deli Serdang Dilanda Gempa, Warga Medan Panik

Gempa berkekuatan 5,6 skala Richter (SR) di Deli Serdang, membuat warga Medan, Sumatera Utara, panik.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa berkekuatan 5,6 skala Richter (SR) di Deli Serdang, membuat warga Medan, Sumatera Utara, panik. Gempa berpusat di kedalaman 10 kilometer (km).

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pukul 17.42 WIB ini berlokasi di 3.24 Lintang Utat, 98,59 Bujur Timur, 23 kilometer Barat Daya Kabupaten Deli Serdang.

"Gempa dirasakan kuat di Kota Medan," kata Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan, Senin (16/1/2017).

Sementara akibat gempa, masyarakat di Kota Medan terlihat berhamburan ke luar bangunan. Di kawasan Jalan KH Wahid Hasyim misalnya, puluhan warga yang sedang berada di salah satu kafe sempat panik dan lari ke jalan.

"Tadi lagi ngopi sama kawan, tiba-tiba kok goyang, rupanya gempa," kata Amar.

Hal senada dikatakan Nurul. Wanita yang sedang melintas di kawasan tersebut sempat panik dan turun dari sepedamotornya. Bahkan, ia sempat lari menjauh dari bangunam di sekitarnya.

"Terasa kali getarannya, tadi saya saat di atas kereta saja terasa. Takut saja ada yang roboh," ujar Nurul.

Berdasarkan data BMKG, gempa kategori dangkal ini tidak menimbulkan tsunami. Masyarakat diimbau waspada dengan kondisi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa medan