Sukses

Gempa 5,6 SR Getarkan Deli Serdang Medan

Gempa tersebut tidak berpotensi terjadinya tsunami. Hingga kini belum ada laporan terkait adanya kerusakan akibat gempat tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR) menggetarkan Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara, pada pukul 19.42 WIB.

Laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa tersebut berada di kedalaman 10 kilometer.

Titik gempa tersebut berada di 3,33 Lintang Utara, 98,46 Bujur Timur. Atau berjarak 28 kilometer barat daya Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Meski terbilang cukup dangkal, namun gempa ini tidak berpotensi tsunami. Hingga kini belum ada laporan terkait adanya kerusakan akibat gempa tersebut.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, gempa bekekuatan 3,9 SR juga terjadi di titik yang sama pada pukul 19.13 WIB.

"Gempa dirasakan di Medan I-II MMI (I SIG)," ujar Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Senin malam.

Sutopo menambahkan, gempa ini juga dirasakan hingga Binjai, Langkat, dan Kisaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Deliserdang

Video Terkini