Sukses

Polisi Terapkan 4 Ring Pengamanan Demo FPI di Mabes Polri

Sebanyak 2.800 personel diturunkan untuk mengamankan demo FPI hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 2.800 personel gabungan Polri-TNI disiagakan untuk mengamankan aksi demo Front Pembela Islam (FPI). Ribuan massa FPI ini bakal berunjuk rasa di depan Gedung Baharkam Mabes Polri untuk menuntut pencopotan Kapolda Jawa Barat dari jabatannya.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Iwan Kurniawan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi pengamanan untuk mendukung berlangsungnya aksi yang tertib. Setidaknya, polisi membagi titik pengamanan menjadi empat ring.

"Total ada empat ring yang kita siapkan," ujar Iwan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (16/1/2017).

Ring satu yakni gedung Baharkam Mabes Polri. Ring dua di luar gedung Baharkam Mabes Polri. Ring tiga di sekitar Lapangan Bhayangkara Mabes Polri. Dan ring empat berada di radius sekitar 1 kilometer dari Mabes Polri.

"Lokasi orasi dipusatkan di depan gedung Baharkam, gedung-gedung Mabes yang lain juga kita amankan, objek-objek vital di sekitar Mabes Polri juga kita amankan," beber dia.

Massa FPI akan dikumpulkan satu titik di depan gedung Baharkam Mabes Polri untuk menyampaikan orasi. Massa juga diimbau untuk tidak meluber atau melakukan penutupan jalan.

"Untuk sementara, satu lajur saja yang kita tutup, yang lain normal. Kami upayakan alih arus dan penutupan semaksimal mungkin tidak kami lakukan," tandas Iwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.