Sukses

Ikut Membatik, Istri PM Jepang Dipuji Iriana Jokowi

Akie Abe menyempatkan diri menuliskan inisial namanya "A.A" di atas kain batik yang dibuat.

Liputan6.com, Jakarta - Di sela-sela pertemuan antara Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan istri PM Jepang, Akie Abe meluangkan waktu minum teh bersama.

Adapun jamuan teh yang didangkan adalah jamuan teh khas Indonesia di salah satu ruang Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor. Selang 15 menit kemudian, kedua Ibu Negara yang menggunakan busana senada berwarna oranye keluar dari ruang jamuan menuju tempat pameran.

Keduanya kemudian berkesempatan melihat ruang pameran yang secara khusus disiapkan dalam kunjungan kenegaraan ini. Sejumlah kerajinan khas Indonesia menghiasi ruang pamer tersebut.

"Di antaranya ialah kerajinan perak dari Lombok Nusa Tenggara Barat, Batik Solo, Batik Madura, Songket Palembang, Tenun Ikat Flores, dan sejumlah kerajinan khas Indonesia lainnya," demikian keterangan tertulis dari Biro Pres dan Media Sekretariat Presiden, Minggu (15/12017).

Iriana memperkenalkan satu per satu kerajinan khas Indonesia kepada Akie Abe. Keduanya dengan akrab melihat dan mengunjungi setiap pameran kerajinan.

Bahkan saat mengunjungi salah satu tempat pameran batik, Iriana mengajak Akie Abe untuk membuat batik di atas kain dengan canting dan dengan senang hati istri PM Jepang tersebut menerima tawaran Iriana.

Bahkan, Akie Abe menyempatkan diri menuliskan inisial namanya "A.A" di atas kain batik yang dibuat. Iriana pun memberikan pujian dan apresiasi atas hasil membatik Akie Abe.

"Bagus ya..," ujar Iriana sambil memberikan tepuk tangan sebagai tanda pujian kepada Akie Abe.

Menjelang 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang, kehangatan yang ditunjukkan kedua Ibu Negara dapat mempererat persahabatan yang semakin baik antara Indonesia dan Jepang di masa datang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.