Sukses

Mengintip Suasana Rapat Pejabat DKI di Kereta Wisata

Didesain mewah, kereta wisata milik PT KAI ini memang hanya mampu disewa oleh para pejabat atau orang berduit lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Rapat tak melulu harus di ruang meeting. Itulah prinsip yang dipegang Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Sumarsono. Rapat yang santai diwujudkan pria yang akrab disapa Soni itu dengan menyewa empat gerbong kereta wisata mewah dari Jakarta menuju Yogyakarta pada 13-15 Januari 2017.

Meski menuai pro dan kontra, Soni tetap merealisasikan rapat mewah itu. Soni berkilah, perjalanan Jakarta-Yogyakarta itu bukanlah rekreasi berkedok rapat, melainkan sebaliknya, rapat diselingi wisata.

"Rapat di atas kereta pemium selayaknya hotel. Semua gerbong ada dapurnya, ada pramugari," ujar Soni usai memimpin rapat di atas KA Wisata, Minggu (15/1/2017).

Para Kadis yang mengikuti rapat nampak menyimak rapat dengan santai. Sesekali mereka mencicipi makanan tradisional yang disuguhkan pramugari. Ada singkong rebus hingga kacang rebus disuguhkan para pramugari.

Bahasan rapat dari ekonomi hingga pembangunan disantap habis para pejabat dalam empat jam pembahasan.

Suasana rapat di kereta wisata memang jauh dari suasana tegang. Duduk di sofa empuk nan nyaman, para pejabat di lingkungan Pemprov DKI dapat santai menyampaikan materi rapat.

Pejabat hingga Artis

Didesain mewah, kereta wisata milik PT KAI ini memang hanya mampu disewa oleh para pejabat atau orang berduit lainnya.

Terdapat beragam jenis gerbong di kereta wisata, seperti gerbong Nusantara, Sumatera, Jawa, Bali, Toraja dan Imperial. Untuk dapat menyewa kereta-ketera kelas satu itu, penyewa harus menggelontorkan uang sekitar Rp 18 juta-Rp 24 juta.

Harga tersebut sesuai dengan kenyamanan yang diterima penyewa. Tempat duduk nyaman, pramugari yang siap melayani, interior kayu yang mewah, makanan dan minuman, mini bar hingga karaoke.

Menurut salah satu pramugara KA Wisata, Yustomi, kereta itu memang menjadi langganan para pejabat hingga artis.

Para penyewa sengaja memilih kereta wisata agar tak kehilangan momen menikmati pemandangan alam selama perjalanan yang tak ada saat berpergian naik pesawat udara. Namun, tetap dengan kenyamanan dan fasilitas layaknya pesawat kelas bisnis.

Siapa saja pejabat yang pernah menikmati perjalanan bersama kereta wisata ini? "Dari presiden hingga pejabat dan artis," ujar Yustomi

Untuk perjalanan bersama pejabat di lingkungan Pemprov DKI, biaya sewa untuk pulang pergi, kata Yustomi, sekitar Rp 170 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini