Sukses

Bogor Bersiap Sambut Kedatangan PM Jepang Shinzo Abe

Bima Arya menyatakan kedatangan PM Abe di Istana Bogor membawa manfaat besar bagi kota Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - Bogor siap menyambut kedatangan Perdana Menteri Shinzo Abe dari Jepang pada 15-16 Januari 2017.

Komandan Korem (Danrem) 061/Suryakancana, Kolonel Inf Mirza Agus menyatakan situasi di Kota Bogor, Jawa Barat, aman terkendali menjelang kedatangan Abe.

"Kota Bogor siap menyambut kedatangan PM Abe," kata Mirza kepada Antara, Minggu (15/1/2017).

Mirza menyatakan, penyambutan Abe dilakukan sesuai prosedur tetap tamu VVIP, yakni para tamu kenegaraan sama seperti pengamanan Presiden dan ibu negara yang diberlakukan di Kota Bogor.

"Karena ini tamu kenegaraan, pengamanan dilakukan sesuai protokoler istana, dan dilakukan oleh protokoler istana, kementerian luar negeri sebagai leading sektornya," kata Mirza.

Akan ada upacara penyambutan bagi Abe, yakni upacara selamat datang oleh pasukan berkuda, dan menyanyikan lagu kebangsaan kedua negara.

"Pada saat menyanyikan lagu kebangsaan kedua negara, akan ada dentuman meriam sebanyak 19 kali dipusatkan di Kantor Bakorwil depan Istana Bogor," kata dia.

Untuk pengamanan, dilakukan secara berlapis. Di kawasan Istana pengamanan sesuai protab oleh Pasukan khusus pengaman presiden, lalu di ring dua dilakukan oleh Jajaran Kodam III/Siliwangi, Polda Jawa Barat, diperkuat oleh Korem 061/Suryakancan dan Polresta Bogor Kota.

"Pengamanan dilakukan sesuai SOP yang sudah ditetapkan," ujar Mirza.

Promosi Gratis Kota Bogor

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyatakan kedatangan PM Abe ke Indonesia dan bertemu presiden di Istana Bogor membawa manfaat besar bagi Kota Bogor.

"Yang jelas ini promosi gratis Kota Bogor untuk mendunia," kata dia.

Ia menyebutkan beberapa persiapan telah dilakukan untuk menyambut kendatangan Abe ke Istana Bogor di antaranya, menyiapkan sejumlah pelajar untuk penyambutan.

"Kita kerahkan sejumlah pelajar yang akan menyambut kedatangan PM Shinzo Abe dimulai dari Tugu Kujang sampai ke Istana Bogor," kata Bima.

Selain itu, akan dipasang sejumlah spanduk ucapan selamat datang untuk PM Abe beserta istri di sejumlah titik. Salah satunya yang sudah tampak terpasang di Bundaran Mal BTM Jalani Juanda.

"Dan sore hari akan ada dentuman meriam sebanyak 19 kali yang akan mengiringi upacara penyambutan PM Abe di Istana Bogor," kata Bima.

PM Jepang Shinzo Abe dijadwalkan kunjungan kerja pertamanya pada 2017 ke Indonesia. Pertemuan bilateral kedua negara akan dilangsungkan di Istana Bogor, Minggu.

Rencananya, akan digelar upacara penyambutan resmi tamu kenegaraan di Istana Bogor, ditandai dengan parade pasukan berkuda dan dentuman suara meriam sebanyak 19 kali yang akan mengiringi jalannya upacara penyambutan sore harinya.

Kunjungan PM Abe yang pertama pada 2017 menunjukkan komitmen tinggi kedua negara untuk terus meningkatkan kerja sama bilateral, khususnya bidang ekonomi.

PM Abe akan membawa delegasi bisnis yang terdiri dari sekitar 30 CEO dan pimpinan bisnis yang bergerak di bidang, seperti perbankan, manufaktur, industri baja dan transportasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini