Sukses

Mirip Film, Pencuri Bis Beraksi di Tol Bitung hingga Tertembak

Seorang petugas PJR lain memberikan tembakan peringatan ke udara, tapi pelaku tetap melawan dan kabur.

Liputan6.com, Tangerang - Petugas patroli Jalan Raya (PJR) Bitung Tangerang menembak ke udara dan mengejar pelaku pencurian bis saat di Jalan Tol Bitung arah Jakarta, Sabtu (14/1/2017). Dalam aksi tersebut, petugas terpaksa menembak kaki kanan tersangka yang mencoba kabur menyusuri jalan tol.

Kejadian bermula ketika PJR Bitung mendapat laporan dari PJR Serang, telah terjadi pencurian bis pariwisata Sumber Jaya nomor polisi AA 1575 DD sekitar pukul 13.00 WIB, dari PO yang beralamat di Kramat Watu Serang.

Saat itu supir tengah pergi ke toilet sementara keneknya tengah ke kantin. Pelaku bernama Nizar Zaidane (28), langsung mengambil kesempatan membawa kabur bus tersebut.      

Saat itulah PJR Bitung mendapat informasi dari PJR Serang terkait pencurian tersebut. "Dua petugas kami melakukan pengejaran dan penghadangan di KM 26, namun pelaku melakukan perlawanan dengan menabrak mobil PJR," kata Kepala PJR Bitung Kompol Aditya Galayudha.

Lalu, seorang petugas PJR lain memberikan tembakan peringatan ke udara, tapi pelaku tetap melawan dan kabur. Di KM 22 arah Jakarta, pelaku menabrakkan bus lagi ke dua truk yang coba membantu mengejar bus tersebut.

Tapi saat itu bus berhasil berhenti, tersangka keluar dan mencoba melakukan perlawanan lagi. "Lalu petugas PJR melumpuhkan kaki kanan pelaku," ujar Aditya.

Pencuri bis tersebut dibawa ke RSUD Tangerang untuk diberikan pertolongan pertama. Lalu pelaku diamankan ke Polsek Jatiuwung, kemudian dilimpahkan ke Polres Tangerang Selatan, mengingat wilayah hukumnya masuk ke Polsek Curug. Sementara bis hasil curian diamankan di PJR Bitung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.