Sukses

Gempa 5,2 SR Guncang Bengkulu, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Gempa bumi di Bengkulu berasal dari zona subduksi pertemuan lempeng Hindia Australia dan Eurasia

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadi gempa bumi berkekuatan 5,2 skala Richter (SR) di daerah Bengkulu, pukul 20.29 WIB. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami

"Gempa terjadi di kedalaman 10 kilometer (km) tepatnya berada di 5.45 Lintang Selatan dan 102.66 Bujur Timur," tulis bmkg.go.id, yang dikutip Liputan6.com, Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut sumber gempa bumi berasal dari zona subduksi pertemuan lempeng Hindia Australia dan Eurasia. Sedangkan untuk kerugian materil dinyatakan nihil.

"Gempa dirasakan kuat di Kabupaten Kaur selama sekitar 2-4 detik. Masyarakat sempat panik namun tidak berangsur lama. BPBD setempat sedang melakukan pengecekan," Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya.

Dia menambahkan, gempa tersebut tidak dirasakan warga di Kabupaten Bengkulu Selatan. "Gempa bumi ini juga tidak berpotensi tsunami," ujar Sutopo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini