Sukses

Budidaya Belut yang Mendulang Emas

Budidaya belut mengubah kehidupan Kusno, warga Desa Kapongan, Situbondo, Jatim. Dalam sebulan Kusno meraup keuntungan Rp 5 juta.

Liputan6.com, Situbondo: Budidaya belut mengubah kehidupan Kusno, warga Desa Kapongan, Situbondo, Jawa Timur. Karena berkat ketekunannya memelihara dan merawat hewan bernama latin Monopterus albus ini, Kusno meraup keuntungan Rp 5 juta per bulan.

Banyak konsumen yang memesan belut kepada Kusno. Ia telah mempunyai pelanggan tetap dari luar daerah, seperti Bali, Kediri, dan Yogyakarta. Setiap empat hari sekali, Kusno bisa mengirim belut sebanyak satu ton dengan harga sebesar Rp 22.000 per kilogram.

Kusno menekuni budidaya belut sejak 14 tahun silam. Saat ini hewan predator yang dipelihara sudah mencapai ribuan ekor. Ia membudidayakan belut di kolam belakang rumah. Selain budidaya belut, Kusno juga memberikan penyuluhan penangkapan belut pada warga setempat.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.