Sukses

Siapa KSAU Pilihan Jokowi?

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah menerima 3 nama calon Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang akan menggantikan Marsekal Agus Supriatna. Jokowi juga sudah menentukan satu nama yang akan menjadi KSAU baru.

"Sebenarnya Presiden sudah menerima usulan 3 nama itu dan sepertinya sudah diputuskan," kata Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmatyo menyebutkan 3 nama calon KSAU yang diserahkan kepada Presiden. Mereka adalah Wakasau Marsekal Madya Hadiyan Sumintaatmadja, Wagub Lemhanas Marsekal Madya Bagus Puruhito, dan Irjen Kemenhan Marsekal Madya Hadi Tjahjanto.

Saat ini, santer terdengar calon kuat yang dipilih Jokowi sebagai KSAU adalah Hadi Tjahjanto. Hadi Tjahjanto sebelumnya pernah menjabat sebagai Sekretaris Militer Kepresidenan.

"Pak Hadi Tjahjanto calon KSAU, ya tapi kalau ditanyakan kapan pelantikannya lalu Keppresnya belum tahu. Tapi Presiden sudah memutuskan," imbuh mantan Juru Bicara KPK itu.

Kabar yang beredar, pelantikan Hadi sebagai KSAU akan dilakukan pada esok hari. Hanya saja, Johan belum bisa mengonfirmasi kebenaran kabar itu.

"Yang bisa saya sampaikan nama itu sudah diserahkan ke Presiden dan Presiden sudah memutuskan satu nama. Tapi kalau kamu tanya siapa yang akan dilantik saya belum tahu saya harus tanya lagi termasuk pelantikannya kapan saya belum tahu," pungkas Johan.

Ditemui terpisah, Marsekal Madya Hadi Tjahjanto mengaku terkejut namanya masuk dalam tiga nama calon KSAU. Namun, dia menampik bila dirinya disebut-sebut calon kuat menggantikan Marsekal Agus Supriatna.

Meski demikian, sebagai seorang prajurit dia siap bila Presiden memilihnya untuk memimpin TNI AU.

"Sebagai prajurit saya siap melaksanakan tugas," ujar Hadi.

Artikel Selanjutnya
Polri Kantongi Data WNI Terlibat Perang di Suriah
Artikel Selanjutnya
Petugas Pastikan Kado Ultah Sampai ke Ahok