Sukses

Gaya Jokowi Ajak Dubes Baru Berbincang di Beranda

Ingin berbincang dengan Jokowi di beranda, para dubes harus mengantre.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima surat-surat kepercayaan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Designate Resident dan Designate Non-Resident untuk Republik Indonesia dari delapan negara. 

Para duta besar masuk ke lingkungan Istana Merdeka dengan upacara kenegaraan. Lagu kebangsaan masing-masing negara pun dinyanyikan. Mereka satu per satu menemui Jokowi dan memberikan surat-surat kepercayaan kepada Presiden.

Usai penyerahan surat-surat kepercayaan, para duta besar baru yang akan bertugas di Indonesia itu diajak ke beranda belakang Istana Merdeka. Jokowi mengajak para dubes bicara secara khusus dalam balutan suasana veranda talk.

Duta besar yang pertama berbincang dengan Jokowi adalah Jean-Charles Berthonnet, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Prancis untuk Republik Indonesia. Saat pembicaraan ini berlangsung, duta besar lainnya tampak berbaris menunggu giliran di balik pintu beranda tepatnya di sebelah patung Sudirman.

Setiap duta besar rata-rata berbicara 5-10 menit. Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Setelah beberapa duta besar berbincang, duta besar lain diizinkan masuk ke area beranda istana. Sehingga para duta besar menunggu tidak lagi berada di dalam ruangan istana, tapi di beranda.

Berikut Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Designate Resident dan Designate Non-Resident untuk Republik Indonesia yang menyerahkan surat-surat Kepercayaan:

1. Jean-Charles Berthonnet, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Prancis untuk Republik Indonesia;

2. Benabdellah Ouadîa, Duta Besar LBBP Designate Resident Kerajaan Maroko untuk Republik Indonesia;

3. Rui Fernando Sucena Do Carmo, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Portugal untuk Republik Indonesia;

4. Joseph R Donovan Jr, Duta Besar LBBP Designate Resident Amerika Serikat untuk Republik Indonesia;

5. Mayor Jenderal Azmal Kabir, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Rakyat Bangladesh untuk Republik Indonesia;

6. Issop Patel, Duta Besar LBBP Designate Non-Resident Republik Mauritius untuk Republik Indonesia, berkedudukan di Kuala Lumpur;

7. Guillaume Kavaruganda, Duta Besar LBBP Designate Non-Resident Republik Rwanda untuk Republik Indonesia, berkedudukan di Singapura;

8.  Tom D Kijiner, Duta Besar LBBP Designate Non-Resident Republik Kepulauan Marshall untuk Republik Indonesia, berkedudukan di Tokyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini